PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • walib abdullah institut agama islam Al-Khairat
  • Hafidhoh Hafidhoh Sekolah Tinggi Agama Islam Al Falah Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.62525/idealita.2022.v2.i1.1-15

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan stategi pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka, dan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa yang mempunyai gaya belajar berbeda serta untuk mengetahui interaksi strategi pembejaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Sedangkan desain eksperimen yang digunakan pada penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan rancangan desain factorial 2 x 2 dengan melibatkan dua kelompok dalam hal ini peneliti menggunakan 2 kelas. Kelas yang pertama adalah sebagai kelas eksperimen, kelompok ini belajar dengan menggunakan pembelajaran blended learning, dan kelas kedua pembelajaran tatap   muka sebagai kelas kontrol, kelompok ini menggunakan pembelajaran tatapmuka. Faktor pemilahnya yaitu variabel moderator gaya belajar (gaya belajar aktif dan gaya belajar reflektif) sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Analysis of Variance (Anova) 2 jalur untuk menguji hipotesisnya, berupa Uji Univariate Test of Between-Subject Effects. Hasil penelian menunjukan bahwa ada perbedaan hasil antara mahasiswa yang diterapkan pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka. Yang kedua yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda. Ketiga yaitu ada interaksi antara pembelajaran onilne dan tatap mukan serta gaya belajar dengan hasil belajar

Published

2022-06-08 — Updated on 2022-03-15

Versions

How to Cite

abdullah, walib ., & Hafidhoh, H. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI. Idealita: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.62525/idealita.2022.v2.i1.1-15 (Original work published June 8, 2022)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.