PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

Penulis

  • walib abdullah institut agama islam Al-Khairat
  • Hafidhoh Hafidhoh Sekolah Tinggi Agama Islam Al Falah Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.62525/idealita.2022.v2.i1.1-15

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan stategi pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka, dan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa yang mempunyai gaya belajar berbeda serta untuk mengetahui interaksi strategi pembejaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Sedangkan desain eksperimen yang digunakan pada penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan rancangan desain factorial 2 x 2 dengan melibatkan dua kelompok dalam hal ini peneliti menggunakan 2 kelas. Kelas yang pertama adalah sebagai kelas eksperimen, kelompok ini belajar dengan menggunakan pembelajaran blended learning, dan kelas kedua pembelajaran tatap muka sebagai kelas kontrol, kelompok ini menggunakan pembelajaran tatapmuka. Faktor pemilahnya yaitu variabel moderator gaya belajar (gaya belajar aktif dan gaya belajar reflektif) sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Analysis of Variance (Anova) 2 jalur untuk menguji hipotesisnya, berupa Uji Univariate Test of Between-Subject Effects. Hasil penelian menunjukan bahwa ada perbedaan hasil antara mahasiswa yang diterapkan pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka. Yang kedua yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda. Ketiga yaitu ada interaksi antara pembelajaran onilne dan tatap mukan serta gaya belajar dengan hasil belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-08 — Diperbaharui pada 2022-03-15

Versi

Cara Mengutip

abdullah, walib ., & Hafidhoh, H. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI. Idealita: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.62525/idealita.2022.v2.i1.1-15 (Original work published 8 Juni 2022)

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.