IMPLEMENTASI PROFETIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.62525/10.62525/idealita.2023.v3.i1.66-90Abstract
Nilai-nilai profetik memiliki peran penting membentuk karakter santri agar menjadi manusia paripurna ( insan kamil ). Hal itu hanya dapat terwujud apabila semua lembaga pendidikan termasuk pesantren mampu mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam aktifitas pendidikan dan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi profetik di lembaga pendidikan pesantren. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama : Implementasi humanisasi di pesantren dapat dilakukan melalui : (a) Menghormati hak-hak santri sebagai manusia dan pelajar, (b) mengembangkan potensi santri secara holistik, dan (c) Menumbuhkan kesadaran sosial dan tanggung jawab santri; kedua :Implementasi liberasi di pesantren dapat dilakukan melalui : (a) Mengkritisi realitas sosial yang ada, (b) Mendorong partisipasi dan advokasi santri, dan (c) Membangun solidaritas dan gerakan bersama santri; ketiga : Implementasi transendensi di pesantren yang dapat dilakukan mealui : (a) meningkatkan kualitas ibadah santri, (b) meningkatkan kualitas akhlak santri, dan (c) meningkatkan kualitas amal santri.Downloads
Published
2023-03-30
How to Cite
Munif, M., Fuadi, I., Tanzeh, A., & Kojin, K. (2023). IMPLEMENTASI PROFETIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 66–90. https://doi.org/10.62525/10.62525/idealita.2023.v3.i1.66-90
Issue
Section
Articles