STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH DINIYAH SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN KEISLAMAN UNGGULAN
DOI:
https://doi.org/10.62525/10.62525/idealita.2024.v4.i2.121-136Abstrak
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang strategi pengembangan madrasah diniyah sebagai alternatif pendidikan keIslaman Unggulan di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Manggisan Lumajang. Metode pengumpulan data menggunakan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pemilihan subyek penelitian dilakukan secara purposive terhadap dua orang yaitu kepala madrasah dan guru dengan pertimbangan memiliki informasi yang mendalam terkait obyek penelitian. Hasil penelitian ini dianalisis secara deskrptif mengacu pada empat kategori strategi yang telah ditentukan yaitu strategi strategi integrasi, intensif, diversifikasi, dan defensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi integrasi melibatkan kolaborasi dengan pihak luar, memperluas jaringan, dan integrasi kurikulum madrasah dengan kurikulum pemerintah, yang memberikan hasil positif. Strategi intensif fokus pada pengembangan program belajar mengajar, sementara strategi diversifikasi mencakup pembaruan model dan metode pembelajaran. Strategi defensif berupaya mempertahankan tradisi dan budaya pembelajaran. Faktor pendukung utama adalah guru yang kompeten, dukungan dari wali santri dan masyarakat, serta fasilitas yang memadai. Namun, tantangannya meliputi keterbatasan guru, ruang belajar yang terbatas, kurangnya motivasi beberapa guru untuk meningkatkan keilmuan, dan administrasi sekolah yang masih dalam tahap pembenahan.##submission.downloads##
Diterbitkan
2024-09-26
Cara Mengutip
Rosalina Noor, T., & Rodiah, S. . (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH DINIYAH SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN KEISLAMAN UNGGULAN. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 121–136. https://doi.org/10.62525/10.62525/idealita.2024.v4.i2.121-136
Terbitan
Bagian
Articles