INTERAKSI EDUKATIF GURU PAI DALAM MEMBANGUN SIKAP KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SD IT NURUL ISLAM

Penulis

  • junedi1388 IAIN

DOI:

https://doi.org/10.62525/idealita.2022.v2.i2.60-74

Abstrak

Praktik pembelajaran PAI yang masih sering menitikberatkan pada persoalan-persoalan teoretis kognitif yang berkaitan dengan pengembangan nilai-nilai Islam dengan mengabaikan pengembangan aspek afektif dan kognitif-volatif, seperti kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai Islam, menjadi konteks bagi pembelajaran PAI. Akibatnya seringkali terjadi keterputusan antara bagaimana agama dipahami dan bagaimana agama itu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang beragama secara individu saleh tetapi tidak saleh secara sosial. Penelitian lebih lanjut dilakukan pada interaksi edukatif guru PAI dan implementasinya terhadap sikap. kesalehan sosial siswa berdasarkan masalah ini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berbasis sosiologi pendidikan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan data. Analisis kualitatif data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data, atau triangulasi teknis, sumber, dan waktu, berfungsi sebagai uji validasi data penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: Pola interaksi pendidikan pertama yang digunakan guru PAI adalah pola interaksi satu arah. Guru PAI menggunakan metode ceramah untuk menerapkan pola interaksi satu arah ini.2) Pola interaksi dua arah, yang dilakukan melalui format tanya jawab oleh instruktur PAI.3) Guru PAI menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok dan berbagai kegiatan keagamaan yang berkaitan dengan kesalehan sosial sebagai bagian dari pola interaksi multi arah. Kedua, proses KBM PAI digunakan untuk mengimplementasikan interaksi edukatif guru PAI di SD IT Nurul Islam Tengaran, termasuk membiasakan siswa untuk berdoa terlebih dahulu. dan setelah pembelajaran, memahami materi pembelajaran sebelumnya, menguasai dan menyampaikan materi pembelajaran yang baik, menghubungkan dengan isu-isu masyarakat, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan bantuan media dan strategi pembelajaran, bersikap terbuka, inklusif, objektif, dan tidak diskriminatif terhadap siswa, dan memberikan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Di luar KBM PAI yaitu mengenalkan siswa pada ajaran Islam menanamkan nilai-nilai melalui kegiatan keagamaan berbasis sekolah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-17 — Diperbaharui pada 2022-09-28

Versi

Cara Mengutip

junedi1388. (2022). INTERAKSI EDUKATIF GURU PAI DALAM MEMBANGUN SIKAP KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SD IT NURUL ISLAM. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 2(2), 60–74. https://doi.org/10.62525/idealita.2022.v2.i2.60-74 (Original work published 17 November 2022)

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.