Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2023-03-28. Baca versi terbaru.

APLIKASI METODE BERCERITA DENGAN EKSPRESI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TK DARUL AKHLAQ TORONAN PAMEKASAN

Penulis

  • ABD KHOLIK

DOI:

https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i1.1-26

Abstrak

Dalam pendidikan anak usia dini salah satu potensi yang sangat penting untuk dikembangkan adalah kemampuan berbahasa anak, karena dengan kemampuan berbahasa yang baik. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak guru RA/TK seringkali menggunakan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Berdasarkan asumsi di atas, maka penulis tertarik melalukan penelitian di TK Darul Akhlaq Toronan Pamekasan yang telah menerapkan metode bercerita kepada anak didiknya. Dengan demikian pertanyaan peneliti yang dimunculkan dalam penelitian ini adalah bagaimana aplikasi metode bercerita dengan ekspresi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, kemudian faktor pendukung dan penghambatnya dan cara mengatasi dari faktor penghambat tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang diperoleh dengan cara observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan sebagai alat bantu analisis penelitian penelitian ini adalah menggunakan teori metode bercerita dan bahasa anak. Dua teori ini masing-masing digunakan untuk menganalisis data-data yang ditemukan di lapangan, sehingga sampai pada kesimpulan akhir. Berdasarkan data-data yang telah dianalisis, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah kemapuan berbahasa anak meningkat dengan diterapkannya metode bercerita dengan ekspresi dan faktor pendukung dari aplikasi metode bercerita adalah dengan menggunakan media, seperti alat peraga, media gambar dan faktor penghambatnya adalah karena kurangnya alat peraga.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-28

Versi

Cara Mengutip

KHOLIK, A. (2023). APLIKASI METODE BERCERITA DENGAN EKSPRESI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TK DARUL AKHLAQ TORONAN PAMEKASAN. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 1–26. https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i1.1-26

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.