KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KONTEKS PERUBAHAN SOSIAL: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i2.1-25Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur tentang profil pelajar pancasila dan pendidikan karakter dan kaitannya dengan perubahan sosial. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview artikel yang mengkaji tentang “profil pelajar pancasilaâ€, “pendidikan karakterâ€, dan “perubahan sosial†yang diterbitkan dalam kurun waktu 2018-2022. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 artikel jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari database Google Scholar menggunakan aplikasi Publish or Perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa tujuan dari kebijakan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka dalam konteks perubahan sosial yang ternyata juga mendukung pada terwujudnya tujuan pendidikan nasional dan kelanjutan dari program penguatan karakter ialah menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing global, berkarakter, dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam jiwanya serta memiliki ketahanan diri yang berimbas pada ketahanan keluarga, ketahanan masyarakat, ketahanan wilayah, dan ketahanan nasional dengan terjaganya nilai luhur serta moral Bangsa dengan 11 strategi.##submission.downloads##
Diterbitkan
2023-09-23
Cara Mengutip
Mahfud, M. (2023). KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KONTEKS PERUBAHAN SOSIAL: LITERATURE REVIEW. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 1–25. https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i2.1-25