PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN 4C (COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY) SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Keterampilan 4C merupakan kompetensi yang menjadi dasar utama dalam pembelajaran abad 21 ini yang mana siswa dituntut untuk berkembang baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya,, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran berdifernsiasi dalam menigkatkan keteramapilan 4C pada siswa sekolah dasar, Penelitian ini peneliti mengunakan Metode Literature Review atau disebut Tinjauan pustaka. literature review merupakan metode penelitian yang menggunakan berbagai sumber tertulis, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan referensi lain untuk konsep dan topik penelitian kemudian dianalisis melalui Teknik menggunakan Teknik analisis Conten. Berdasarkan hasil analisis bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan keterampilan 4C dimana setiap penerapan yang dilakukan oleh beberapa peneliti mampu memberi pengaruh terhadap peserta didik, baik dari keterampilan berpikir kritis, Colaboratif, Komonikatif dan Kreatif Adapun langkah yang dilakukan pada proses pembelajaran berdiferensiasi yaitu dengan integrasi pada pendekatan dan model pembelajaran sehingga proses peningkatan keterampilan 4c tersebut dilaksanakan sesuai dengan sintaks atau langkah model-model pembelajaran yang digunakan##submission.downloads##
Diterbitkan
2025-03-30
Cara Mengutip
irwan, irwan setia budi, & Abidin, Z. (2025). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN 4C (COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY) SISWA SEKOLAH DASAR. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 15 –. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/7964
Terbitan
Bagian
Articles