PONDOK PESANTREN: PROSPEK PENDIDIKAN DI ERA MILENIAL UNTUK PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT

Penulis

  • Moh kurdi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prospek pendidikan di era milenial dalam pertumbuhan ekonomi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam peran Pondok Pesantren Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan memilih berperan sebagai fasilitator antara penjual dan pembeli yang artinya pihak pondok pesantren hanya memperbolehkan saja. masyarakat untuk menjual berbagai produk yang sangat dibutuhkan oleh seluruh siswa dan membantu dalam memberikan peluang peningkatan perekonomian masyarakat di lingkungan sekitar pondok. Dengan memotivasi masyarakat untuk menghasilkan suatu produk yang memberikan nilai jual dan Pondok Pesantren Al Falah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjual produk yang dihasilkannya. Dalam hal ini Pondok Pesantren Al Falah bukanlah sebagai pelaku usaha melainkan sebagai penyemangat dan motivasi dalam membangkitkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya. Sedangkan sebagai faktor pendukung, terdapat media yang menjadi penghubung antara pondok pesantren dengan masyarakat, sehingga seluruh kegiatan pondok pesantren, termasuk kegiatan perekonomian, dapat tersampaikan kepada masyarakat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-30

Cara Mengutip

kurdi, M. . (2025). PONDOK PESANTREN: PROSPEK PENDIDIKAN DI ERA MILENIAL UNTUK PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT. IDEALITA: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 1–14. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/8018

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.