STRATEGI PEMASARAN BATIK IBU MINA DALAM PERSPEKTIF STUDI KELAYAKAN BISNIS
Authors
Nanda Alfia
Universitas Trunojoyo Madura
Abdur Rohman
Universitas Trunojoyo Madura
Keywords:
Strategi Pemasaran, Batik, Motif Batik, Tanjung Bumi.
Abstract
Strategi pemasaran merupakan rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran,oleh karena itu strategi pemasaran sangat penting untuk dilakukan agar dapat meningkatkan pendapatan.Batik Tanjung Bumi adalah suatu aset kerajinan tangan yang khas dari kota Bangkalan, banyak sekali macam motif pada batik Tanjung Bumi salah satunya batik Gentongan.ragam pola yang terdapat pada motif batik merupakan warisan budaya yang memiliki banyak interpretasi makna,Batik tulis Tanjung Bumi mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, mulai dari motif,Disen-disen, hingga pewarnaan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi Batik Tanjung Bumi dalam menghadapi pemasaran. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan jeis penelitian Kualitatif dengan pendekatan sistematis literature riviw dengan sumber Data sekunder. Data sekunder adalah data yang berasal dari berbagai sumber seperti jurnal buku.