IMPLEMENTASI UMKM PADA PARIWISATA SYARI’AH DALAM MENERAPKAN ETIKA BISNIS ISLAM

Authors

  • Ashira Ashira Universitas Trunojoyo Madura
  • Abdur Rahman Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

Pariwisata, etika bisnis islam. Manajemen Bisnis.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika berada di wilayah daerah wisata yang biasanya terdapat di beberapa kecamatan atau kabupaten di suatu wilayah, hal itu menjadikan lokasi wisata biasanya dipenuhi oleh para wisatawan lokal ataupun luar daerah yang berkunjung ke daerah wisata tersebut. Hal tersebut membangkitkan minat untuk mengembangkan lokasi wisata tersebut dengan mengimplementasikan etika bisnis islam dalam mengelola tempat wisata tersebut. Etika bisnis islam sendiri biasanya menjadi salah satu rujukan untuk landasan dasar dari sebuah manajemen bisnis islam, hal tersebut tidak hanya diaplikasikan dalam usaha ataupun perusahaan yang berbentuk syari’ah, namun juga bisa diimplementasikan dalam kegiatan atau usaha lainnya. Dalam penerapan etika bisnis islam biasanya memiliki keterkaitan antara etika bisnis islam dengan pembelajaran dasar dari manajemen bisnis sendiri. Karena dalam pembelajaran dasar manajemen bisnis semua hal ang menyangkut kepada manajemen suatu perusahaan pastinya memiliki keterkaitan dengan etika bisnis islam, hal itu disebabkan karena etika bisnis islam merupakan salah satu aspek ataupun teori yang memiliki wilayah cakupan paling banyak diantara aspek ataupun teori lainnya. Hal itu juga didukung oleh beberapa ahli karena mereka menyarankan menggunakan teori etika bisnis islam dalam mengimplementasikan nya ke dalam usaha sendiri, karena hal itulah yang menjadikan pelaku dari usaha tersebut akan mengerti bagaimana menerapkan etika bisnis islam dalam kehidupan sehari hari. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana data data yang ada akan dijelaskan secara lengkap bagaimana focus pembahasan serta perwujudan etika bisnis islam dalam wirausaha.

Downloads

Published

2023-12-20

Issue

Section

Articles