PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI ICEBREAKING PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS

Authors

  • rian Ardiansyah UIJ
  • Ahmad Halid UIJ

Abstract

Penelitian ini berdasarkan rendahnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran al-Quran Hadist menggunakan Icebreaking Kelas III MI Raudlatul Ulum Suci 03. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Teknik penelitian yang digunakan yaitu Wawancara, observasi,dan dokumentasi dengan subyek penelitian seluruh peserta didik kelas III MI Raudlatul Ulum Suci 03. Analisis data yang dilakukan yaitu secara kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian yang dilakukan mengalami peningkatan minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Data yang deperoleh yakni  nilai pada tahap prasiklus yaitu 65dengan persentase ketuntasan belajar 45%nilai tersebut diperoleh dari ulangan harian siswa pada pokok bahasan sebelum penelitian dilaksanakan. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar mencapai 77,5dengan persentase ketuntasan 75 % dari jumlah 20 siswa, 15 siswa dinyatakan tuntas dan 5 siswa dinyatakan tidak tuntas. Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 83,25 dengan persentase ketuntasan 85% darijumlah 20 siswa17 siswa dinyatakan tuntas dan 3 siswa dinyatakan tidak tuntas. Kata Kunci: minat belajar, metode icebreaking

Published

2025-01-19

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.