Peran Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri Anak di RA Islamiyah I Bujur Tengah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentu’k karakter mandiri anak di RA Islamiyah I Bujur Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran guru sangat membantu dalam pembentukan karakter mandiri anak yang sudah terbiasa dibantu oleh orang tuanya ketika dirumah, dapat melakukan aktivitasnya sendiri disekolah dan kegiatan anak dirumah. Kedua, strategi yang dilakukan guru ialah melakukan pendekatan langsung kepada anak dengan cara dimasukkannya pendidikan karakter mandiri kedalam proses pembelajaran, sehingga guru dapat memberikan anak aktivitas yang mengarah pada pembiasaan, keteladanan dan kedisiplinan. Ketiga, faktor penghambat guru dalam membentuk karakter mandiri anak yaitu kurangnya pengertian dari orangtua anak yang over protektif terhadap anak di sekolah. Selain itu waktu pembelajaran yang hanya sekitar satu jam menjadikan anak kurang berinteraksi dengan teman- temannya dan lingkungan sekolah. Keempat, solusi dari faktor penghambat pembentukan karakter mandiri anak yaitu pengertian dari orangtua anak berupa tidak menemani anak masuk ke dalam kelas. Selain itu, penambahan jam pelajaran yakni memberikan tambahan waktu bagi anak untuk lebih berinteraksi dengan teman dan lingkungan sekolahnya. Hasil penelitian menunjukkan sangat baik, terlihat dari keseharian anak yang sudah mampu melakukan aktivitasnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini dapat dilihat dari hasil data siswa yang telah berkembang sesuai dengan harapan di kelas A sebanyak 50% yakni 13 anak, sedangkan dalam kelas B seabnyak 80% yakni 17 anak.##submission.downloads##
Diterbitkan
2021-01-03
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AL-QORNI COPYRIGHT NOTICE
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam AL-QORNI yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di AL-QORNI bersifat akademik. AL-QORNIÂ tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.