STRATEGI QIRA'AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI

Penulis

  • Mita Nuril Fauzia UNS
  • Taufik , UNS

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait strategi qiro’ah dalam pembelajaran bahasa Arab. Dimulai dari mengenal lebih dekat terkait apa itu strategi hingga yang disebut sebagai strategi pembelajaran, apa saja tujuan dari strategi qiro’ah dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya di MI atau tingkat pemula, dan berbagai macam stategi qiro’ah dalam upaya tercapainya hasil yang maksimal pada proses pembelajaran bahasa Arab terutama di tingkat MI. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lebih lanjut dan lebih luas terkait strategi qiro’ah yang dapat diterapkan pada pembelajaran bahas Arab di MI. Dalam mendalami penelitian ini peneliti melakukan studi perpustakaan atau library research untuk membantu memudahkan dalam menemukan referensi yang dapat berupa buku dan jurnal. Sehingga, pada hasilnya peneliti mengangkat beberapa strategi qiro’ah yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahas Arab di MI, antara lain: 1) membaca keras (Al-Qira’ah Jahriyah), 2) membaca dalam hati (Al-Qiraah Ash-shamitah), 3) membaca cepat (Al-Qiraah as-sari’ah), 4) membaca rekreatif (Al-Qira’ah al-istimta’iyyah), membaca analistik (Al-Qira’ah attahiliyah). Kata Kunci: Strategi Qiro’ah; Pembelajaran Bahasa Arab; MI

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-19

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.