Workshop Menumbuhkan Minat Baca dan Penanganan Kesulitan Membaca Anak di Perumahan Graha Indah Samarinda

Penulis

  • Nurul Hikmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v1i2.4535

Kata Kunci:

Minat, Membaca, Penanganan Kesulitan Membaca

Abstrak

Di era global ini, dunia pendidikan semakin maju dan berkembang. Pendidikan menjadi salah satu acuan penilaian suatu negara. Suatu negara dapat dikatakan berkembang jika dilihat dari indeks pendidikan dan jumlah buta huruf suatu negara. Manusia harus menerapkan budaya membaca. Dengan menggunakan indera penglihatan dan pendengaran, manusia dapat memperoleh informasi yang terkandung dalam objek yang “dibacanya†dari buku, koran, majalah dan televisi.  Minat baca dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan bimbingan dan pemahaman kepada masyarakat (orangtua dan anak) tentang pentingnya menumbuhkan minat membaca buku dan penanganan kesulitan membaca pada anak ; Membantu Universitas dalam menyusun kebijakan, perencanaan dan program yang berkaitan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa; Menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan; serta bekerjasama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Namun masih ada beberapa kendala yaitu ibu-ibu memerlukan fasilitas pendampingan misalnya perpustakaan keliling dan tutor berkelanjutan untuk anak-anaknya. Sasaran dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan minat baca, meningkatkan kemampuan membaca dan membantu menangani kesulitan membaca pada anak. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat kegiatan pegabdian yang telah dilaksanakan ini dapat dikatakan cukup berhasil. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya respon yang positif dari ibu-ibu dan anak-anak dengan bersemangat mengikuti workshop hingga selesai. Kegiatan workshop ini telah dilaksanakan. Dengan jumlah peserta 30 orang, yang terdiri dari orang tua dan anak-anak. Pengabdian pada masyarakat ini berupa workshop atau bimbingan bertahap yang terdiri atas tahap perencanaan, persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan acara tatap muka dan praktik membaca berjalan dengan baik dan lancar.  

Referensi

Amka. (2017). Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis Peserta Didik, Universitas Lambung Mangkurat, 4 (2), Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial.
Anggraini. (2020). Pemanfaatan Gadget dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Keluarga, Universitas Airlangga, 10 (2), Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga.
Irna. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga, STKIP Muhammadiyah Bogor, 1 (1), Fascho Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan.
Mardika (2017). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD, SD N Pancurendang, Banyumas, 10 (1), Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar.
Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD, Universitas Muhadi Setiabudi, 3 (2), Jurnal Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik.
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD , STKIP PGRI Tulungagung, 2 (3), Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar .
Ruslan. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Universitas PGRI Palembang.
Windrawati. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, 2 (1), Jurnal Papeda (Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-10

Cara Mengutip

Hikmah, N. (2021). Workshop Menumbuhkan Minat Baca dan Penanganan Kesulitan Membaca Anak di Perumahan Graha Indah Samarinda. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 146–158. https://doi.org/10.35309/dharma.v1i2.4535

Terbitan

Bagian

Articles