Screening: Pelatihan dan Pendampingan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis ICT Bagi Guru Akuntansi SMK di Kota Malang

Penulis

  • Slamet Fauzan Universitas Negeri Malang
  • Sunaryanto Sunaryanto Universitas Negeri Malang
  • Dhika Maha Putri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5176

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada Guru Akuntansi SMK di Kota Malang dalam melakukan evaluasi hasil belajar. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi screening berbasis Ms.Excel. Hal ini dilatar belakangi karena proses evaluasi hasil belajar siswa yang didasarkan pada skor akhir dan pelaksanaannya masih secara manual. Padahal era rovolusi industri 4.0 menuntut guru untuk mengembangkan pembelajaran dengan teknologi. Hasil dari pengabdian ini adalah pelatihan aplikasi screening berbasis Ms.Excel untuk mengevaluasi hasil belajar siswa per Kompetensi Dasar. Sehingga, hasil belajar siswa akan terlihat per Kompetensi Dasar dan guru dapat mengetahui bagian mana yang belum dipahami oleh siswa. Keberhasilan pengabdian ini terukur presentase pemahaman penggunaan ICT naik dari 55% sebelum pelatihan menjadi 75% setelah pelatihan

Referensi

Fitriyadi, H. (2013) ‘Keterampilan TIK guru produktif SMK di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan implementasinya dalam pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), pp. 213–233. doi: 10.21831/jpv.v2i2.1033.

Harahap, S. H. (2015) ‘Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi’, JURNAl RISET AKUNTANSI DAN BISNIS, 15(1), p. 14.

Hendriyani, Y., Effendi, H. and Farell, G. (2018) ‘PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ICT BAGI GURU–GURU DI SMP NEGERI DI KECAMATAN HARAU, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA’, UNES Journal of Community Service, 3(2), pp. 90–96.

Indah, D. R. et al. (2019) ‘Pelatihan Pengolahan Nilai Dan Analisis Butir Soal Dan Hasil Belajar Berbasis Ms. Office Excel di SMP Islam Al-Azhar NW Kayangan’, Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), pp. 6–8.

Kristanti, E., Kharisma, G. I. and Sari, N. P. (2021) ‘Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis Mobile Learning Sebagai Upaya Menghadapi Era Pendidikan 4.0’, Jurnal Widya Laksana, 10(1), p. 59. doi: 10.23887/jwl.v10i1.28915.

Muhson, A. (2010) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). doi: 10.21831/jpai.v8i2.949.

Myori, D. E. et al. (2019) ‘Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android’, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), pp. 102–109.

Nuris, D. M., Nagari, P. M. and Nuraini, U. (2020) ‘PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN J-ABDIPAMAS ( Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ) yang signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan . Segala hal yang awalnya dilakukan’, J-ABDIPAMAS, 4(1), pp. 75–82.

Puspita, D. (2020) ‘PELATIHAN PEMBUATAN APLIKASI PENGOLAHAN NILAI DENGAN MS. EXCEL BAGI GURU SMPN 3 PAGAR ALAM’, NGABDIMAS-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 12–17.

Suryani, N. (2016) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It’, Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(2), pp. 186–196. doi: 10.17977/um020v10i22016p186

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-25

Cara Mengutip

Fauzan, S. ., Sunaryanto, S., & Putri, D. M. (2021). Screening: Pelatihan dan Pendampingan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis ICT Bagi Guru Akuntansi SMK di Kota Malang . Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 115–127. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5176

Terbitan

Bagian

Articles