Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM
DOI:
https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234Abstrak
Dampak Pandemi COVID-19 pada UMKM diyakini lebih besar karena tingginya tingkat kerentanan akibat perubahan pola kehidupan masyarakat. Beberapa kebijakan yang dilakukan pemerintah seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB), larangan mudik dan anjuran stay at home bertujuan menurunkan angka penyebaran virus ini. Namun situasi ini juga berdampak secara ekonomi yang berimbas pada pendapatan pelaku usaha khususnya UMKM. Di tengah situasi ini, digital marketing merupakan jalan keluar yang mampu menjadi startegi utama dalam memperluas pasar. Dalam pengabdian masyarakat kali ini, kami berfokus pada pelatihan UMKM di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat di bidang teknologi digital melalui platform sosial media. Startegi ini diyakini sangat ampuh dalam memperluas pasar dan penguatan branding. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada November 2020, melalui metode pelatihan dan praktek pembuatan sosial media. Hasil dari kegiatan ini bahwa sekitar 80% UMKM telah menggunakan sosial media dan mampu membuat pesan persuasif. UMKM juga telah memberi perhatian khusus pada penguatan branding produknya. Pelatihan ini dapat dilanjutkan dengan pembuatan e-commerce untuk jangkauan pemasaran yang lebih luas.Referensi
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512
Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumatera Barat. (2016). Data Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat.
DPR. (2021). Analisis Ringkas Cepat Biro Anggaran DPR RI, UMKM: Perkembangan dan Dukungan Pemerintah Melalui APBN. 1–9.
OECD, d the O. for E. C. and D. (2020). Enterprise Policy Responses to COVID-19 in ASEAN. Asean.
Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11
Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. In Penerbit K-Media
Stelzner, M. (2012, April). How Marketersare Using Social Media to Grow TheirBusiness
Sulaksono dan Zakaria. (2020). “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediriâ€. Universitas Udayana Bali
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Wantiknas. (2020). Transformasi Digital Untuk UMKM. Wantiknas, 1–16.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.
Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Depan (Nomor March).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.