Pelatihan dan Pendampingan Strategi Branding Produk bagi UMKM di Kelurahan Gununganyar Kota Surabaya

Penulis

  • Yeni Khoirotul Janah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Laksmi Diana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Mahadevi Pramudyawardhani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v3i1.5797

Kata Kunci:

branding, UMKM, pelatihan, pendampingan

Abstrak

Kegiatan pelatihan dan pendampingan branding dilaksanakan di Kelurahan Gununganyar, Kota Surabaya. Kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan secara langsung bagi para UMKM. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini mengkombinasikan aspek-aspek yang dapat digunakan utnuk menunjang proses branding seperti pada packaging dan labelling, fotografi produk, dan e-commerce. Tahapan awal dalam kegiatan ini adalah harus mengetahui kendala dan usaha yang telah dilakukan pelaku UMKM. Kemudian dilanjutkan dengan proses sosialisasi serta pelatihan berupa teori dan praktik kemudian melakukan pendampingan branding secara langsung di lokasi UMKM. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, beberapa UMKM dapat terdorong untuk meningkatkan branding dan mengembangkan kreativitasnya sehingga melakukan pembaruan desain kemasan produk dan merambah penjualan secara daring. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini mendapatkan respon positif baik dari masyarakat maupun perangkat kelurahan sebagai mitra, dilihat dari besarnya antusias dan dukungan yang diberikan selama kegiatan. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu mendorong tingkat perekonomian dan kegiatan wirausaha kreatif di Kelurahan Gununganyar yang pada akhirnya juga akan mampu memberikan pengaruh pada proses pemberdayaan sumber daya manusia yang dimiliki.

Referensi

Arisandi, Bustomi, Mufaizin Mufaizin, and Musohihul Hasan. "Pelatihan Pembuatan Teh Rosella dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Sorpa Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan." Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1 (2020): 28-37.

Dais Sepri, D. H., n.d. Branding Produk Memasuki Masa New Normal.

Dewi Puspa Arum1, S. N. M. M. R. R. D. T. R. R. K. R. A. S. C. M. F. S. N. A. F. V. R. M. D. S. S. P. S., 2022. Strategi Pengembangan UMKM di Kelurahan Manukan Kulon Melalui Workshop Pemanfaatan Digitalisasi. Jurnal Abdimas Patikala, Volume 1, pp. 186-196.

Firmansyah, A., 2017. Kajian Kendala Implementasi E-Commerce di Indonesia. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, pp. 127-136.

Hikmah, Nurul. "Workshop Menumbuhkan Minat Baca dan Penanganan Kesulitan Membaca Anak di Perumahan Graha Indah Samarinda." Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.2 (2021): 146-158.

Isyatin Amalianti, E. T., Agustus 2017. Pengaruh Brand Image Produk Private Label Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Bisnis & Investasi, pp. 24-38.

Kasmi, A. N. C., 2017. Penerapan E-Commerce Berbasis Business to Consumers Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, pp. 109-116.

Kholid, Kholid, Mudarris Mudarris, and Masdar Masdar. "Olahan kunyit asam menjadi minuman herbal sinom untuk meningkatkan perekonomian desa kajuanak galis bangkalan." Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1 (2020): 61-72.

Saipulloh Fauzi1, L. F., 2021. Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce.. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, pp. 125-136.

Sri Dewi Setiawati, M. R. D. F., 2019. Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil. Jurnal Abdimas BSI, pp. 125-136.

Warli, Warli, Heny Sulistyaningrum, and Puji Rahayu. "Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru di Kabupaten Tuban." Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.2 (2021): 77-89.

Widiati, A., 2019. Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack†Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, pp. 67-76

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-24

Cara Mengutip

Janah, Y. K., Diana, L. ., & Pramudyawardhani, M. . (2022). Pelatihan dan Pendampingan Strategi Branding Produk bagi UMKM di Kelurahan Gununganyar Kota Surabaya. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 60–79. https://doi.org/10.35309/dharma.v3i1.5797

Terbitan

Bagian

Articles