Purwarupa E-Learning Berbasis Moodle pada One Stop English Course Kudus
DOI:
https://doi.org/10.35309/dharma.v3i1.6129Kata Kunci:
e-learning, moodle, covid 19Abstrak
Perkembangan pembelajaran dalam kondisi pandemi menjadi sorotan besar oleh khalayak. Guna mencegah penyebaran covid 19, sekolah formal dan informal mulai menerapkan e-learning. Terbatasnya pertemuan tatap muka, menjadikan pembelajaran menjadi terhambat. Daring merupakan salah satu cara untuk pembelajaran tetap berjalan, melalui whatsapp grup, zoom, google meet atau platform yang lain. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mendukung pembelajaran secara daring, sehingga pembelajaran tetap berlangsung untuk siswa yang berada di luar kota. Pembelajaran pada One Stop English (OSE) mengembangkan pembelajaran online dengan E-learning menggunakan platform moodle. Metode dalam pengabdian ini adalah analisa kebutuhan, instalasi moodle dan zoom, penyusunan materi pelatihan, pembuatan akun tutor, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi serta pelaporan, yang bertujuan agar tentor serta pemilik dapat menggunakan aplikasi e-learning dengan maksimal.Referensi
Zainudin, A., 2020. E-learning Berbasis Moodle Sebagai Media Informasi. Teknologi Dan Komunikasi Guna Mencegah Penyebaran COVID-19, 1(1), p. 17–24.
A. Rubhasy, R. M. F. a. R. S., 2021. Pelatihan E-learning Moodle Berbasis Cloud Untuk Tutor / Guru Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). 4(1), p. 51–62.
Dudung, A., Hasanah, U., Salman, I., Priyanto, S., & Ramdhan, T. (2022). Achievement of student graduates: The role of e-readiness, e-learning and e-book. International Journal of Data and Network Science, 6(2), 375-382.
S. Weetebula, J. M. a. S. B., 2018. E-learning Moodle , Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian, P. Studi, P. Fisika, 1(2), p. 57–65.
Elyas, A. H., 2018. Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 56(April).
Muhammad Hanif Fahmi, B. S. I. C., 2018. Pengembangan Blended Learning Berbasis Moodle (Studi Kasus di Universitas Islam Raden Rahmat Malang). G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 2(1), pp. 106-113.
Husnul Huda, N. M. D. L. W., 2017. Mengemas Kelas Bahasa Inggris (EFL) melalui Joyful Learning Based Social Constructivism Pedagogy. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 17(2), p. 237–252.
Sufiani, M., 2021. Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), pp. 121-141.
Ramdhan, T. W. (2019). Model Pengembangan Kurikulum Multikultural. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(2).
Rubhasy, A., Muhammad, R. F. & Sahara, R., 2021. Pelatihan E-Learning Moodle Berbasis Cloud Untuk Tutor/Guru Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Terang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, 4(1), pp. 51 - 62.
Setiyaningsih, D. et al., 2022. Pelatihan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle pada Guru Sekolah Dasar Islam Harapan Ibu Pondok Pinang. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), pp. 179-184.
Wahid, A. & Luhriyani, S., 2015. Pembelajaran dengan judul Pelatihan Dan Penerapan E-Learning Dan M-Learning Berbasis Moodle Bagi Guru Siswa SMK Persada Dan Bajiminasa Makassar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), pp. 102-107.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.