Bimbingan Baca Tulis Al-Qur'an sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Bacaan Qur'an Siswa Baru

Penulis

  • Hendah Damayanti Damanik STAI Sangatta Kutai Timur
  • Ram STAI Sangatta Kutai Timur
  • Rosma Rosma STAI Sangatta Kutai Timur

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v3i1.6136

Kata Kunci:

Qur’an guidance, reading quality, new student

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan bimbingan baca tulis Al-Qur’an adalah sebagai sebuah upaya perbaikan bacaan Qur’an siswa baru di SMP Negeri 2 Sangatta Utara. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan sebuah arahan atau bimbingan tentang bagaimana membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian participatory Action Research. Participatory Action Research yang biasa disingkat PAR merupakan kegiatan riset pengabdian dimana penulis terlibat secara langsung secara partisipatif sebagai pembimbing di lokasi pengabdian. Hasilnya adalah dengan adanya bimbingan baca tulis Al-Qur’an pada siswa SMP Negeri 2 Sangatta Utara dapat memperbaiki bacaan Al-Qur’an para siswa. Selain itu juga terdapat peningkatan dalam penulisan ayat Al-Qur’an dengan melihat teksnya. Dengan demikian memungkinkan adanya kemudahan-kemudahan dalam proses pembelajaran agama Islam di dalam kelas. Adapun Yang menjadi problemnya adalah bahwa intensitas bimbingan yang singkat sehingga belum tuntasnya bimbingan menulis al-Qur’an tanpa melihat teks ayat. Bimbingannya baru dilakukan sebatas pada pengenalan huruf-huruf yang dapat disambung dan tidak dapat disambung. Hal tersebut menjadi masukan dan saran bagi guru agama Islam untuk melanjutkan bimbingan menulis Al-Qur’an tanpa melihat pada kesempatan yang lain

Referensi

Angranti, W. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an (Studi Deskriptif-Analitik di SMP Negeri 2 Tenggarong). INTELEGENSIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 106–116.

Fany, K. K. (2022). Peran Kiaidalam Penguatan Budaya Pesantren Pada Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulumdi Desatanjunganom Kabupaten Lampung Tengah. Lampung: STAIN Raden Intan Lampung.

Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 15(1), 19–29.

Hastriani, H. (2018). Upaya Pendidik Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kebiasaan Shalat Sunnah Dhuha Berjamaah di Kelas IV MI DDI Ujung Lare Parepare. Pare-Pare: IAIN Parepare.

Herlina, H. (2017). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Untuk Meningkatkan Akhlak dan Moral pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Iswanto, I., & Mubarok, R. (2022). Fungsi Supervisi Kepala Unit Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) terhadap Kinerja Guru Al-Qur’an. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 29–40.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Laily, I. (2022). Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Tartil Kelas XI di MAN 1 Blitar. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Lawson, H. A., Caringi, J. C., Pyles, L., Jurkowski, J. M., & Bozlak, C. T. (2015). Participatory Action Research. New York: Oxford University Press.

Meiviro, M. (2021). Peranan Matrikulasi Dalam Meningkatkan Kelancaran Baca Al-Qur’an Terhadap Siswa-Siswi Man 01 Kota Bengkulu. Banda Aceh: UIN Fatmawati Sukarno.

Mubarok, R. (2020). Manajemen Pembelajaran Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darus Sakinah Sangatta Utara. Al-Rabwah, XIV(2), 173–188.

Mubarok, R. (2022a). Islamic Based Education Management and Social in Indonesia Educational Institutions. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(1), 73–88.

Mubarok, R. (2022b). Management of Material Component Development in Multicultural Islamic Education Curriculum. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 6(2), 249–266.

Mufaizin, Mufaizin. "Nasionalisme dalam Perspektif Alquran dan Hadits." Al-Insyiroh 5.1: 40-56.

Muniarty, P., Wulandari, W., Ansyarif, A., Nurchairunisyah, N., Sari, F. M., Lalung, J., … Supratman, S. (2021). Pendampingan Baca Tulis Al Quran Bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 96–99.

Permana, A. (2020). Tabel Huruf Hijaiyah Sambung. Retrieved from Belajaralquran.id website: https://belajaralquran.id/tabel-huruf-hijaiyah-sambung/

Soedjiwo, N. A. F. (2019). Implementasi mata kuliah par (Participatory Action Research) di TPQ Al-Magfiroh Denpasar Bali. Widya Balina, 4(2), 9–19.

Saifuddin, S. (2018). Pesan Damai Al-Qur’an: Upaya Menumbuhkan Kesadaran Multikultural. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 1-17.

Sutrisno, A., & Mudarris, M. (2021). Thematic Analysis: Human Resource Management in Verses of The Qur'an. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 89-105.

Syaribanun, C. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode PAR (Participatory Action Research) di RA Qurratun A’yun Durung Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Tarbiyatul Aulad, 5(1), 91–110.

Wafa, A., Rafiuddin, A., Lukman, L., Jali, J., Imamah, I., & Musyarrofah, M. (2021). Pendampingan Pembinaan Baca Tulis Al-Quran, Ibadah Dan Moral Remaja Desa Daleman Dusun Bates Kedungdung Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 123–136.

Yacub, J. (2022). Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 49–59

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-24

Cara Mengutip

Damanik, H. D., Mubarok, R., & Rosma, R. (2022). Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Bacaan Qur’an Siswa Baru. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 118–138. https://doi.org/10.35309/dharma.v3i1.6136

Terbitan

Bagian

Articles