Program Bimbingan Belajar Bahasa Asing bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Masa Libur Sekolah di Desa Larangan Dalam Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan

Penulis

  • Fithriyah Rahmawati IAIN Madura
  • Elita Isti Komariyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
  • Ferdi Ardiansyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v3i2.6362

Kata Kunci:

Pembelajaran bahasa asing, program tutorial, pelayanan kepada masyarakat

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan program pendampingan belajar yang terfokus pada bimbingan belajar bahasa asing untuk anak usia sekolah di lingkungan Desa Larangan Dalam selama masa liburan semester. Dengan adanya kegiatan community service ini, anak-anak tersebut punya kegiatan yang menarik utuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab dan Inggris mereka. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda para fasilitator Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Fakultas Tarbiyah IAIN Madura tahun 2022 di desa Larangan Dalam. Kegiatan pengabdian yang berupa program bimbingan belajar bahasa asing yang diikuti oleh kurang lebih 20 siswa berjalan dengan lancar. Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak tersebut semangat untuk belajar bahasa Arab maupun Inggris dan bisa mengatasi kesulitan yang mereka hadapi ketika belajar bahasa Arab dan Inggris di sekolah. Pada pelaksanaannya, anak-anak bisa belajar dengan tenang, nyaman, antusias dan mampu memahami materi yang disampaikan. Kegiatan ini pun mendapatkan respon positif dari mereka sendiri, orang tua, dan masyarakat.

Referensi

Ali, Z. Z., Silvania, S. M., Sinta, A., & Sintawati. (2020). Buku Saku Pengabdian Masyarakat Dan Implementasinya: Gagasan dan Inpelentasi Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Basis Kegiatan Pengabdian Langsung dan Tak Langsung. CV. Laduny Alifatama. https://www.researchgate.net/publication/344869169_BUKU_SAKU_PENGABDIAN_MASYARAKAT_DAN_IMPLEMENTASINYA_Gagasan_dan_Inpelentasi_Pengabdian_Kepada_Masyarakat_Melalui_Basis_Kegiatan_Pengabdian_Langsung_dan_Tak_Langsung

Barustyawati, A. A. S., Suarcaya, P., & Myartawan, I. P. N. W. (2021). Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak- Anak Sekolah Dasar Di Kawasan Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar (SENADIBA) 2021, 1(1), 59–69.

Bahruddin, A., Zaka, U., Sholah, S., & Aziz, A. (2021). Pemanfaatan dan Prospek Budidaya Cabe Jamu di Dusun Nung Malaka Desa Daleman Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 108-126.

Chen, I.-J., Chang, Y.-H., & Chang, W.-H. (2016). I Learn What I Need: Needs Analysis of English Learning in Taiwan. Universal Journal of Educational Research, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040101

Djamil, M. S. (2020). Community Service, Bentuk Pembelajaran Penting bagi Siswa. Serambi News. https://aceh.tribunnews.com/2020/02/03/community-service-bentuk-pembelajaran-penting-bagi-siswa

Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nida’, 37(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.315

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4844

Nugrahanto, I., Sungkono, S., & Arisandi, B. (2022). Rancang Bangun Alat Pembersih Telur Asin Otomatis Berbasis Arduino Uno Untuk UMKM Di Kota Malang. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 57-70.

Rahmawati, F. (2019). Second Language Acquisition (SLA) (N. K. Virdyna, Ed.). Duta Media Publishing. http://repository.iainmadura.ac.id/328/

Rosaria, D., & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751

Santoso, I. (2012). Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Bahasa Asing Berwawasan Interkultural. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1455

Septiana, R., Susanti, L. D., & Imtihanah, A. N. (2021). Penyerapan Bahasa Asing Bagi Anak Tingkat Sekolah Dasar Melalui Narasi Islami Berbahasa Inggris. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2), 35–44. https://doi.org/10.32332/jsga.v3i2.4043

Tulaktondok, L., Tandikombong, M., Arrang, J. R., & Patanduk, S. T. (2022). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa Tingkat Sd Disekitar Objek Wisata Ke’te’ Kesu’ Di Kecamatan Kesu’, Toraja Utara. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i2.1761

Zulfa, A. A. (2020). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Di Tpa (Taman Penitipan Anak) Ar-Reefat Islamic School Purwokerto [IAIN Purwokerto]. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7666/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-02

Cara Mengutip

Rahmawati, F., Komariyah, E. I., & Ardiansyah, F. . (2023). Program Bimbingan Belajar Bahasa Asing bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Masa Libur Sekolah di Desa Larangan Dalam Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan . Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 167–180. https://doi.org/10.35309/dharma.v3i2.6362

Terbitan

Bagian

Articles