Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.35309/dharma.v3i2.6380Kata Kunci:
guru bahasa Indonesia, artikel ilmiah, jurnal nasionalAbstrak
Kegiatan pengabdian ini didasarkan pada kebutuhan para guru bahasa Indonesia di sekolah menengah kejuruan di Kabupten Karanganyar Jawa Tengah terhadap penulisan artikel ilmiah untuk jurnal nasional terakreditasi. Kegiatan ini berupa pelatihan teknik menulis artikel ilmiah, pengetahuan mengenai jurnal terakreditasi nasional, dan cara submit pada jurnal nasioanl. Peserta kegiatan ini berjumlah empat puluh tiga guru. Kegiatan ini berupa ceramah atau pemberian materi, praktik membuka laman Open Jurnal System. Kegiatan berjalan dengan baik terutama pada saat pemberian materi membuat abstrak, pendahuluan, dan metode penelitian. Dalam sesi tanya jawab atau diskusi, peserta mengungkapkan berbagai persoalan seperti penulisan dengan mengunakan aplikasi Mendeley dan cara mengubah laporan penelitian tindakan keals dalam artikel ilmiah. Kedua persoalan ini muncul saat pelatihan sehingga solusi yang diberikan adalah pendampingan dan diadakan pelatihan lanjutan tentang hal tersebutReferensi
Cowling, A., & James, P. (1996). The Essence of Personnel Management an Industrial Relation (terjemahan). Yogyakarta: ANDI.
Djamarah, S. B. (2010). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Idrus, A., Setyadi, B., Pratama, R., & Sufri. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru. Bernas, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 71–77. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1803
Kaelan. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma.
Liberna, H., & Saputra, Aswin Sulistyaningsih, E. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-guru MTs N 40 Jakarta Barat. Jurnal Abdidas, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.196
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Syamsul, M., & Anissa, B. (1994). Teori belajar orang dewasa. Jakarta: Proyek pembinaan dan peningkatan mutu tenaga kependidikan, Depdikbud.
Usman, M. U. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.
Wahyu, W. (2008). Piawai Menembus Jurnal Terakreditasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Widagdo, A., & Susilo. (2018). Pelatihan Artikel Ilmiah bagi Guru-guru SD di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 33(25–29). https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.