Pendidikan Moderasi Beragama Melalui Kajian Tafsir Ayat-Ayat Moderat di Rumah Belajar Serambi Jombang

Penulis

  • Tri Wahyudi Ramdhan STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Saifuddin Saifuddin Universitas Islam Majapahit Mojokerto
  • Bustomi Arisandi STAI Darul Hikmah Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v3i2.6666

Kata Kunci:

Pendidikan Moderasi, Kajian Tafsir, Ayat Moderat

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini berangkat dari teori umum bahwa kekerasan atas nama agama bermula dari satu pemahaman agama eksklusiv dan intoleran sudah sepatutnya mendapat perhatian, dan sebisa mungkin dibendung persebarannya.Berangkat dari sini, pengabdian bertujuan  untuk memberikan penyuluhan dan pemahaman kesadaran beragama yang moderat, inklusif dan toleran melalui kajian tafsir ayat-ayat moderat di Rumah Belajar Serambi Jombang. Kegiatan ini menggunakan metode Participatory Action Research, melalui Kajian tafsir ayat-ayat moderat kepada 60 peserta,. Adapun materi pengabdian yang diberikan kepada masyarakat terkait dengan tema pengabdian Pendidikan moderasi beragama ini adalah penyampaian ayat-ayat pilihan khususnya yang terkait dengan nilai dan prinsip moderasi beragama. Hasil dari kegiatan ini bahwa pelaksanaan kegiatan  ini terdiri dari tiga tahap yang setiap tahap  meiliki tema pertama kajian tentang Non-Muslim dalam Al-Qur’an. Kedua tentang nilai-nilai kemanusiaan dalam Al-Qur’an. Ketiga tengan moderasi beragama dalam perspektif Al-Qur’an. Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan memberikan manfaat dan dampak diantaranya pemahaman agama masyarakat yang cenderung kepada sikap moderat, karena sikap moderat dalam beragama sangat dianjurkan dan sikap ini dirujuk langsung dari sumber utama di dalam agama Islam, yaitu kitab suci Alquran.

Referensi

Afwadzi, Benny. “Membangun Moderasi Beragama Dengan Parenting Wasathiyah Dan Perpustakaan Qur’ani Di Taman Pendidikan Al-Qur’an.†Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 16, no. 2 (2020): 106–20.

Agama, Kementerian. Moderasi Beragama. Kementerian Agama, 2019.

Amirudin, Amirudin, M Abdan Karochman, and Supriyatin Supriyatin. “Moderasi Beragama Dalam Perspektif Heterogenitas Di Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun.†Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (2021): 37–46.

Budianto, Arif. “Nahdlatul Ulama, Peradaban Dan Perdamaian: Peran Gus Yahya Dan Gus Yaqut Dalam Pribumisasi Islam Moderat.†Ansoruna: Journal of Islam and Youth Movement 1, no. 1 (2022): 41–50.

Malik, Abdul, Muhammad Alwi HS, and M Anwar Hindi. “Religious Moderation in Indonesian Islamic Scholars Articles.†In International Conference on Sustainable Innovation Track Humanities Education and Social Sciences (ICSIHESS 2021), 103–9. Atlantis Press, 2021.

moderasi beragama di PTKIN, Pengarusutamaan. “Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di PTKIN,†n.d.

Nawawi, N. (2020). Moderasi Beragama pada Masyarakat Inklusif Kota Batu: studi konstruksi sosial (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel).

Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 59-70.

Rafa’al, Mubaddilah, Suwandi S Sangadji, and Benny Afwadzi. “MERAWAT MODERASI BERAGAMA CERDAS BERMEDIA DI PONDOK PESANTREN HARISUL KHAIRAAT KELURAHAN OME KOTA TIDORE KEPULAUAN.†Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 16, no. 2 (2020): 106–20.

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.†Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6, no. 1 (2020): 62–71.

Shihab, M Quraish. Kaidah Tafsir. Lentera Hati Group, 2013.

———. Wawasan Al-Quran: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Mizan Pustaka, 1996.

Suharto, Babun. Moderasi Beragama; Dari Indonesia Untuk Dunia. LKIS Pelangi Aksara, 2021.

Syarif, M Zainul Hasani. Pendidikan Islam Dan Moralitas Sosial: Upaya Preventif-Kuratif Dekadensi Moral Dan Kehampaan Spiritual Manusia Modernis. Prenada Media, 2020.

Wibisono, Irawan. “Kampanye Moderasi Beragama Di Instagram: Studi Narasi Lukman Hakim Saifuddin Dan Yaqut Cholil Qoumas.†In International Conference on Cultures & Languages (ICCL), 1:120–31, 2022.

Yaqut Kholil Qoumas bahwa “pengarusutamaan prinsip moderasi beragama melalui peran Lembaga Pendidikan tinggi menjadi sangat strategisâ€. (https://kemenag.go.id/read/menag-pengarusutamaan-moderasi-beragamamelalui-lembaga-pendidikan-sangat-strategis-4x140)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-02

Cara Mengutip

Ramdhan, T. W. ., Saifuddin, S., & Arisandi, B. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Melalui Kajian Tafsir Ayat-Ayat Moderat di Rumah Belajar Serambi Jombang . Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 246–272. https://doi.org/10.35309/dharma.v3i2.6666

Terbitan

Bagian

Articles