POTRET EPISTEMOLOGI TAFSIR ERA FORMATIF (Peta Kajian Tafsir Klasik Perspektif Filsafat Ilmu)

Authors

  • Fathurrosyid Fathurrosyid INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep Madura

DOI:

https://doi.org/10.54625/elfurqania.v2i01.1419

Keywords:

Epistemologi, Tafsir Era Formatif dan Filsafat Ilmu

Abstract

Tulisan ini hendak mengungkap dan meyingkap epistemologi tafsir era formatif dengan mengkonstruksikan pada dua hal; Pertama, bagaimana epistemologi tafsir era klasik. Kedua, bagaimana dialektika tafsir era klasik dengan realitas yang dihadapinya. Kajian ini menghasilkan kesimpulan bahwa tafsir era formatif atau klasik yaitu tafsir yang muncul dan berkembang pada masa Rasulullah hingga munculnya tafsir masa pembukuan (akhir masa Daulah Bani Ummayyah atau awal Daulah Bani Abbasiyyah), yakni abad I H sampai pada abad II H. Adapun salah-satu model berpikir tafsir era formatif yaitu model nalar quasi-kritis yang ditandai dengan; Pertama, penggunaan simbol-simbol tokoh untuk mengatasi persoalan. Kedua, cenderung kurang kritis dalam menerima produk penafsiran; menghindari hal yang konkrit-realistis dan berpegang pada hal-hal yang abstrak-metafisis. Dalam konteks peran dan posisi akal, tafsir era formatif menjadikan peran akal hanya sebagai instrumen yang bersifat partisipatif, sedangkan peran periwayatan diberikan porsi sebagai alat jastifikasi.

References

al-Afri>qi>, Ibnu Manz}u>r. Lisa>n al-‘Arab, Jilid V. Beirut: Dar al-Sadr, 1992.
Ami>n, Ah}mad. Fajr al-Isla>m , Kairo: Maktabah al-Nahd}ah al-Mis}riyah, 1975.
al-Alu>si>, Shiha>b al-Di>n Mah}mu>d bin ‘Abdulla>h al-H{usaini>. Ru>h} al-Ma‘a>ni> fi> Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m wa al-Sab’u al-Matha>ni>, Juz XVI, Bierut: Da>r al-Kutb, 1415.
al-‘Asqala>ni>, Ibnu Hajar. Fath al-Ba>ri>, Juz I, Beirut: Da>r al-Fikr, t.th.
al-Asyu>t}i>, Abu> Muhammad. Tafsi>r Muja>hid, Beirut: Da>r al-Kutub al-Ilmiyyah, 2005.\
‘A<s}i>, Muhammad Salim Abu>.‘Ulu>m al-Qur’a>n ‘inda al-Sha>tibi>, Juz I , Kairo: Da>r al-Basair, 1426.
al-Bantani, al-Nawawi. Marah Labi>d li Kashfi Ma’na> al-Qur’an al-Maji>d, Juz I , Beirut: Da>r al-Kutub, 1418.
al-Biga>, Mustafa> Dib. al-Wa>dih fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Damaskud: Da>r al-‘Ulu>m al-Insaniyah, 1418.
al-Bu>t}i>, Muhammad Sai>d Ramad}a>n. Min Rawa>’iu al-Qur’a>n; Ta’ammala>t ‘Ilmiyyah wa Adabiyyah fi> Kita>billa>h, Juz I , Beirut: Mu’asasah al-Risa>lah, 1420.
al-Bukha>ri, Ima>m. Sahi>h al-Bukha>ri>, Juz VI, bab Kitab Tafsir. t.th.
al-Darwi>sy, Muhyiddi>n. I’ra>b al-Qur’a>n wa Baya>nuhu>, Juz V, Syiria; Da>r al-Irsyad, t.th.
al-Dhahabi>, Muhammad Husai>n. “’Ilmu al-Tafsir” dalam Buhu>th fi> ‘Ulu>m al-Tafsi>r wa al-Fiqh wa al-Da’wah , Kairo: Da>r al-Hadith, 1426.
---------------, Ibnu ‘Arabi> wa Tafsi>r al-Qur’a>n; Haqi>q al-Tafsi>r al-Mansu>b Ilaihi , Kairo: Da>r al-Hadith, 1426.
--------------, al-Tafsi>r wa al-Mufassiru>n, Vol. I , Beirut: Da>r al-Fikr, 1396.
al-Fairuzabadi>, Abu> T{a>hir Ibn Ya’qu>b. Tanwi>r al-Miqba>s min Tafsi>r Ibn ‘Abba>s , Beiru>t: Da>r al-Fikr, t.th..
el-Fadhl, Khaled M. Abou. Atas Nama Tuhan; Dari Fiqih Otoriter ke Fiqih Otoritatif, terj. Cecep Lukman Yasin. Jakarta: Serambi, 2004.
Fathurrosyid. Semiotika Kisah al-Qur’an; Membedah Perjalanan Religi Raja Sulaiman dan Ratu Balqis dalam al-Qur’an. Surabaya: Pustaka Radja, 2013.
Goldziher, Ignaz. Madzhab Tafsi>r, terj. M. Alaika Salamullah ,Yogyakarta: eLSAQ Press, 2006.
H{akim, Muh{ammad Ba>qir. ‘Ulūm al-Qur’a>n, ter. Nashirul Haq dkk, Jakarta: al-Huda, 2006.
\ al-Hamad, Ga>nim Qaddu>ri>. Muha>dara>t fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n , Amma>n: Da>r ‘Amma>r, 1423.
‘Itr, Nur al-Di>n. ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Juz I , Damaskus: Matba’ah al-Sabah, 1414.
Ja’far, ‘Abd al-Gha>fūr Mah}mūd Mus}t}afa>. al-Tafsi>r wa al-Mufassirūn fi> Thaubihi al-Jadi>d , Kairo: Da>r al-Sala>m, 2007.
Jawa>d, Abdul Jawa>d Khalaf Muhammad Abdul. Madkhal ila> al-Tafsi>r wa ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Juz I , Kairo: Da>r al-Baya>n al-Arabi>, t.th.
al-Judai’, Abdullah bin Yu>suf. al-Muqaddima>t al-Asa>siyat fi> ‘Ulu>m al-Tafsi>r , Beirut: Muasasah al-Rayya>n, 1422.
al-Jurja>ni>. Kita>b al-Ta’ri>fa>t. Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1998.\
Kathi>r, Ibnu. Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Azi>m, Juz II , Beiru>t: Da>r Ihya’, t.th.
Khaldu>n, Ibnu. Muqaddimah Ibnu Khaldu>n , Bairu>t: Da>r al-Fikr: t.th.
Khalafullah, Muh}ammad Ah}mad. al-Fann al-Qas}as}i> fi> al-Qur’a>n al-Kari>m, Kairo: Maktabah al-Nahd}ah al-Mis}riyyah, 1951.
al-Khudlairi>, Muh{ammad ‘Abdulla>h ibn ‘Ali. Tafsi>r al-Ta>bi’i>n, Vol.1 , Riya>d: Da>r al-Wat}an wa al-Nashr, 1999.
Ma’luf, Louis. Al-Munjid fi> al-Lughah wa al-A’lam , Beirut: Maktabah al-Shariqah, 1996.
Mustaqim, Abdullah. Epistemologi Tafsri Kontemporer. Yogyakarta: LKiS, 2010.
Na’na’ah, Ramzi>. al-Isra>’iliyya>t wa Atharuha> fi> Kutub al-Tafsi>r , Damaskus: Da>r al-Qalam, 1390.\
Nasrulloh. Ayat Ayat Al-Qur’an Yang Tidak Dapat Difahami Tanpa Historisitasnya (Sabab Al-Nuzul), Tesis IAIN Sunan Ampel Surabya, 2009.
al-Qat}t}a>n, Manna>’. Maba>h}ith fi> ‘Ulūm al-Qur’a>n, t.tp: Manshura>t al-‘As}r al-H{adi>th, 1973.
al-Qa>dir, Muh}ammad ‘Ali> ‘Abd. Faid} al-Rah}ma>n fi>‘Ulūm al-Qur’a>n, Kairo: Da>r al-T{iba>’a>t al-Muh}ammadiyah, 1986.
al-Qurt}u>bi>. al-Ja>mi’ li Ahka>m al-Qur’a>n, Juz I, Kairo: Da>r al-Kutub al-‘Arabi>, 1387.
al-Qinnauji>. Fath al-Baya>n fi> Maqa>sid al-Qur’a>n, Juz I ,Beirut: al-Maktabah al-‘Asriyyah, 1412.
Rusyd, Ibnu. Bidaya>t al-Mujtahid, Juz II, Beiru>t: Da>r Ma’rifah, t.th..
Rid}a>, Muhammad Rashi>d. Tafsi>r al-Qur’a>n al-Haki>m, Juz VI ,Mesir: al-Hai’ah al-Misriyyah, 1990.
al-Ra>zi>. Mafa>ti>h al-Gai>b, Juz XI , Beirut: Da>r al-Kutb, 1421.
al-Saba>gh, Muhammad bin Lut}fi>. Lamha>t fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n wa Ittija>ha>t al-Tafsi>r, Beiru>t: al-Maktab al-Isla>mi>, 1410.
\al-S{a>bu>ni>, Muhammad Ali>. al-Tibya>n fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Beiru>t: Da>r al-Kutub al-Isla>miyyah, 1424.
Salih, Abdul Qadir Muhammad. al-Tafsi>r wa al-Mufassirun> fi> al-‘Asri al-Hadi>th, Beiru>t: Da>r al-Ma’rifah: 1424.
Sa>lih, Hama>d bin. Muha>darat fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Juz I, Amma>n: Da>r Amma>r, 1423.
Shuhbah, Muhammad Abu>. al-Madkhal li Dira>sat al-Qur’a>n al-Kari>m, Juz I, Kairo: Maktabah al-Sunnah, 1423. \
al-Suyu>t}i>, Jala>l al-Di>n Abu> al-Fad}l ‘abd al-Rah}ma>n. al-Dur al-Manthu>r, Juz VI, Beiru>t: Da>r al-Ma’rifah, t.th..
------------, Jala>l al-Di>n Abu al-Fad}l ‘abd al-Rah}ma>n. al-Itqa>n fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n,Vol. 2, t.tp: Da>r al-fikr, t.th.
------------, Jala>l al-Di>n Abu al-Fad}l ‘abd al-Rah}ma>n. Tadri>b al-Ra>wi fi> Sharh} Taqri>b al-Nawa>wi, Vol.2, t.tp: Da>r al-Fikr, t.th.
al-T{abari>. Ja>mi’ al-Baya>n ‘an Ta’wi>li A<yi al-Qur’a>n, Juz I, Kairo: Da>r al-Ma’arif, tth.
al-Tayya>r, Musa>’id bin Sulaima>n. Fus}u>l fi> Usu>l al-Tafsi>r, Riya>d: Da>r al-Nashr al-Dauli>, 1413.
Wajdi>, Muhammad Fari>d. Da>irah Ma’arif al-Qarn al-‘Isyri>n, Jilid VII. Beiru>t: Da>r al-Fikr, t.th.
Al-Zamakhshari>. al-Kashsha>f ‘an Haqa>’iq Gawa>mid al-Tanzi>l wa ‘Uyu>n al-Aqa>wi>l fi> Wuju>h al-Ta’wi>l, Juz I<, Beirut: Da>r al-Kitab, 1407.
al-Zarkashi>, Muhammad Ibn ‘Abdullah. Al-Burha>n fi> ‘Ulu>m al-Qur'a>n, Juz I Beiru>t: Da>r al-Ma’arifah,1972.
al-Zarqa>ni>, Mana>hil al-‘Irfa>n, Vol. 2 (Beiru>t: Da>r al-Kutb al-‘Ilmiyyah, t.th.
\Zarzu>r, ‘Adnan Muhammad. ‘Ulu>m al-Qur’an>: Madkhal ila> Tafsi>r al-Qur’a>n wa Baya>nu I’Ja>zihi>, Beiru>t: al-Maktab al-Islami>, 1401.

Downloads

Published

2016-02-10

How to Cite

Fathurrosyid, F. (2016). POTRET EPISTEMOLOGI TAFSIR ERA FORMATIF (Peta Kajian Tafsir Klasik Perspektif Filsafat Ilmu). El-Furqania : Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(01), 35–60. https://doi.org/10.54625/elfurqania.v2i01.1419