FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LANGUAGE ANXIETY DAN MANIFESTASINYA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA TBI SEMESTER I STAIN PAMEKASAN

Penulis

  • Hasan Basri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiya Al Karimiyyah
  • Zainollah Zainollah

Kata Kunci:

Language anxiety, mahasiswa TBI semester 1 STAIN

Abstrak

Keberhasilan belajar bahasa Inggris tercermin dalam kemampuan speaking-nya karena Speaking merupakan keterampilan bahasa yang prominent. Namun mahasiswa masih enggan, malu dan takut untuk mengungkapkan gagasan dengan bebas (free) karena mereka dihinggapi perasaan cemas (language anxiety) atau nervous yang mereka alami ketika hendak mengungkapkannya. Hal ini diakibatkan oleh faktor individu dan faktor sosial. Bentuk manifestasi dari language anxiety yang dihadapi mahasiswa berbentuk perilaku verbal dan non-verbal. Untuk mengatasi language anxiety tersebut mahasiswa mensugesti diri, menarik nafas panjang, dan meminta bantuan teman-temanya apabila perasaan anxiety itu muncul.

Referensi

Cohen, L., Manion, L., &Morrison, K. 2000. Research Method in Education.London: Routledge Falmer.
Daly, J. 1991. ‘Understanding Communication Apprehension: An Introduction for Language Educator’, in Horwitz, E. K. & Young, D. J.(Eds.) Langauge Anxienty: From Theory and Research to Classroom Implication. Englewood Cliffs: Prentice Hall.
Davidson, L. A. 2002. Grounded Theory. Essortment. Accessed from://az..essortment.com/groundedtheory¬_rmnf.htm.
Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. Malaysia: Longman
Hatch, J. Amos . 2002. Doing Qualitaive Reasearch in Education Setting. New York: State University of New York.
Horwitz, E. K. 2001. Language Anxiety and Achievement. Annual Review of Applied Linguistics, Vol. 21, pp. 112-126.
Horwitz, E. K., Horwitz, M. B., & Cope, J. A. 1986. Foreign Language Clasroom Anxiety. The Modern Language Journal, Vol. 70 (2), pp. 125-132.
MacIntyre, P. & Gardner, R. C. 1994. The stable Effect of Language Anxiety on Cognitive Processing in the Second Language. Language Learning, Vol. 44 (2), pp. 283-305.
Schovel, T. 1991. ‘The effect of Affect on Foreign Language Learning: A Review of the Anxiety Research, in Horwitz, E. K. & Young, D. J.(Eds.) Langauge Anxienty: From Theory and Research to Classroom Implication. Englewood Cliffs: Prentice Hall.
Young, D. J. 1990. An Investigation of Students’ Prespective on Anxiety and Oral Foreign Language Profiiciency Ratings. in Horwitz, E. K. & Young, D. J.(Eds.) Langauge Anxienty: From Theory and Research to Classroom Implication. Englewood Cliffs: Prentice Hall.
Young, D. J. 1992. Language anxiety from the foreign language specialist’ perspective: Interview with Krashen, Omaggio Hadley, Terrell, and Rardin, Foreign Language Annals, Vol. 25, pp. 157-172.
Ohata, K. 2005. Language Anxiety from Teacher’s Perspective: Interview with Seven Experienced ESL/EFL Teachers, Journal of Language and Learning, Vol. 3 (1), pp. 133-155.
Ummah, Sumihatul. 2011. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Games pada mahasiswa Semester II Tadris Bahasa Inggris STAIN Pamekasan.Penelitian tidak dipublikasikan. P3M Pamekasan.

Diterbitkan

2015-06-21

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.