MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) DALAM PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH SE KABUPATEN SUMENEP

Penulis

  • Ainul Yaqin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiya Al Karimiyyah

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Tuntas (mastery learning), Al-Qur’an Hadis, SK-KD, KKM.

Abstrak

Perubahan kurikulum dari berbasis isi (content-based curriculum) menjadi kurikulum berbasis kompetensi (competency-based curriculum) mengakibatkan perubahan paradigma dalam proses pembelajaran yaitu apa yang harus diajarkan (isi) menjadi apa yang harus dikuasai siswa (kompetensi). Indikator keberhasilan pembaharuan kurikulum itu ditunjukkan dengan adanya perubahan pola kegiatan dan pendekatan pembelajaran, termasuk pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis (baik perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hasil belajar dan tindak lanjut) di Madrasah Aliyah se Kabupaten Sumenep. Pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitis dan interpretatif, dengan model analisis interaktif mengacu kepada model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa Madrasah Aliyah di Kabupaten Sumenep selama ini telah mengimplementasikan model pembelajaran tuntas (mastery learning) sebagai upaya pencapaian SK dalam pembelajaran (Al-Qur’an Hadis), terutama semenjak diberlakukannya KBK tahun 2004 dan KTSP tahun 2006, namun pelaksanaannya belum maksimal dan perlu peningkatan lebih lanjut. Secara implementatif, strategi model pembelajaran tuntas (mastery learning) sangat memperhatikan perbedaan individu (individual difference), ditandai dengan adanya program tindak lanjut berupa program perbaikan (remedial), pengayaan (enrichment), dan percepatan (acceleration). Menjadi suatu keniscayaan (necessary being) untuk dilakukan agar siswa mencapai SK secara tuntas.

Referensi

al-Abrasyi, Mohammad ’Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Ghani dan Johar Bahry, Jakarta: Bulan Bintang, 1993
al-Djamali, Fadhil, 1993, Menerebas Krisis Pendidikan Islam, terj. M. Arifin, Jakarta: Golden Trayon Press, 1993
Darsono, Max, dkk., Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP Press, 2001
Depdiknas, Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning), Jakarta: Dirjen Dikdasmen: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2004
Depdiknas, Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2008
Depdiknas, The Mastery Learning for the 2004 Curriculum, Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003
Ghofar, Irfan Abdul dan Muhammad Jamil, Reformulasi Rancangan Pembelajaran Agama Islam: Pedoman Dosen dan Mahasiswa, Jakarta: Nur Insani, 2000
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Bandung : Bumi Akasara, 2003
Martinis, Profesional Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press
Muhaimin, et.al., Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakter, dan Implementasi, Bandung: PT. Remamaja Rosdakarya, 2006
Naim, Naginun dan Achmad Patoni, Materi Penyusunan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2007
Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara, 2005
Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk, 2001, Pembelajaran Contextual (Contextual Teaching and Learning) dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003
Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997
Qutb, Mohammad, 1984, Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1984
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002
Sutrisno, Revolusi Pendidikan di Indonesia, Membahas tentang Metode dan Teknik Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: Ar-ruz, 2005
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya, 1999
Warji, R., Program Belajar Mengajar dengan Prinsip Belajar Tuntas (Mastery Learning), Surabaya: Institut Dagang, 1983
Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara
Yamin, Martinis, 2006, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indoenesia, Jakarta: Gaung Persada Press, 2006
Yamin, Martinis, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-11-22

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.