Pendidikan Islam dalam Tinjauan Filosofis
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2673Keywords:
pendidikan, islam, filsafatAbstract
Dalam pendidikan terdapat dasar-dasar filsafat keilmuan, yaitu ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Dalam aspek ontologis ilmu pengetahuan tertentu hendaknya ditelaah atau diuraikan secara metodis, sistematis, rasional, komprehensif, radikal, dan universal. Sedangkan dalam aspek epistemologis, ilmu pendidikan tidak hanya mengembangkan ilmu terapan melainkan menuju kepada telaah teori dan ilmu pendidikan sebagai ilmu otonom yang mempunyi objek formil sendiri atau problematika sendiri sekalipun tidak hanya menggunakan pendekatan kuantitatif atau eksperimental. Sementara dalam aspek aksiologis, dapat mempelajari manfaat apa yang diperoleh dari ilmu pengetahuan, menyelidiki hakikat nilai, etika, dan estetika. Misalnya dalam pendidikan dengan adanya mata pelajaran ilmu sosial dan kewarganegaraan yang mengajarkan bagaimana etika atau sikap yang baik. AbstractIn education there are the philosophy of science basics, namely the ontological, epistemological, and axiological. In certain aspects of the ontological science should be studied or described in a methodical, systematic, rational, comprehensive, radical and universal. While the epistemological aspect, science education not only develop applied science; it leads to the study of the theory and science education as a science autonomous have a formal object itself or the problems themselves though are not only using quantitative or experimental approaches. While the axiological aspect, can learn what the benefits derived from science, investigating the nature of values, ethics, and aesthetics. For example in education with the subjects of social studies and civics that teach how ethic or good attitude.References
As-Said, Muhammad, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2011.
Baali, Fuad dan Ali Wardi, Ibn Khaldun dan Pola Pemikiran Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus; 2003.
Muri, Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1986.
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.
Supriyadi, Dedi, Pengantar Filsafat Islam: Konsep, Filsuf, dan Ajarannya, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, (IPI), Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Zuhairini, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasiona, 1983.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara; 1995.
Baali, Fuad dan Ali Wardi, Ibn Khaldun dan Pola Pemikiran Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus; 2003.
Muri, Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1986.
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.
Supriyadi, Dedi, Pengantar Filsafat Islam: Konsep, Filsuf, dan Ajarannya, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, (IPI), Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Zuhairini, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasiona, 1983.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara; 1995.
Downloads
How to Cite
Kulsum, U. (2015). Pendidikan Islam dalam Tinjauan Filosofis. Tafhim Al-’Ilmi, 7(1), 102–107. https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2673
Issue
Section
Articles