Konsep Pendidikan Islam Al-Zarnuji (Telaah Kitab Ta’lim Al-Muta’allim)

Authors

  • Muhammad Fathurrahman SMPN 2 Pagerwojo Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2721

Keywords:

Pendidikan islam, al-zarnuji

Abstract

The concept of Islamic education according to al-Zarnuji an integrative educational concept which is filled with Islamic values. Educators are components that must exist in Islamic education, work becomes an educator is a noble job as educators to educate the soul learners. Learners according to al-Zarnuji, is how people learn. The purpose of education is to get closer to God and attain happiness in this world and the hereafter, seeking to combat ignorance in yourself and the stupid, develop and preserve Islam, ingratitude mind and a healthy body. The learning process according to al-Zarnuji within the limits of the interaction between teachers and students in the transfer of knowledge. Al-Zarnuji, in matters of curriculum, classify science into 4 types. In terms of method, al-Zarnuji initially proposed using rote methods followed with understanding. AbstrakKonsep pendidikan Islam menurut al-Zarnuji merupakan konsep pendidikan integratif yang penuh dengan nilai-nilai keislaman. Pendidik adalah komponen yang harus ada dalam pendidikan Islam, pekerjaan menjadi seorang pendidik merupakan pekerjaan yang mulia karena pendidik mendidik jiwa peserta didik. Peserta didik menurut al-Zarnuji, adalah manusia yang belajar. Tujuan pendidikan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat, berusaha memerangi kebodohan pada diri sendiri dan kaum yang bodoh, mengembangkan dan melestarikan Islam, mensyukuri nikmat akal dan badan yang sehat. Proses pembelajaran menurut al-Zarnuji dalam batasan interaksi antara guru dan murid dalam transfer keilmuan. Al-Zarnuji, dalam masalah kurikulum, mengklasifikasikan ilmu pengetahuan menjadi 4 macam. Dalam hal metode, al-Zarnuji mengemukakan mula-mula menggunakan metode hafalan kemudian dilanjutkan dengan pemahaman.

References

Affandi, Mohtar, The Method of Muslim Learning in al-Zarnuji Ta'lim al-Muta'allim Tariq al-Ta'allum, Montreal: Tesis Institute of Islamic Studies McGill Univeresity Tidak Diterbitkan, 1990.
Ahmad, Muhammad Abd al-Qadir, Ta`lim al-Muta`allim Tariq al-Ta`alum, Mauqi'u al-Islam: dalam Sofware Maktabah Syamilah, 2005.
Ahmad, Muhammad Abd al-Qadir, Ta`lim al-Muta`allim Tariq al-Ta`alum, Surabaya: Maktabah Seikh Muhammad Nabhan, tt.
Akhyar, Yundri, "Metode Belajar dalam Kitab Ta'lim al Muta'alim Tariq al Ta'alum : Telaah Pemikiran Tarbiyah al Zarnuji" dalam http://uinsuska.info/pasca/attachments/087_YUNDRI.pdf diakses tanggal 6 Mei 2016.
Al- Zarnuji, Ta`lim al-Muta`allim, terj Santri Lirboyo, Kediri: Lirboyo, tt.
al-Abrasyi, Mohd. Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A.Gani dan Djohar Bahry, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.
al-Bukhari, Muhammad, Shahih al-Bukhari juz 1, Mauqi' al-Islam: Dalam Software Maktabah Shamilah, 2005.
al-Zarkeli, Khoiruddin, Al-'Alam Qamus Tarajum, juz III, Beirut: Dar al-Ilm, 1989.
Ashraf, Ali, Horizon Baru Pendidikan Islam, terj. Sori Siregar, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1989.
Djudi, Konsep Belajar Menurut al-Zarnuji: Kajian Psikologi Etik Kitab Ta'lim al-Muta'allim, Yogyakarta: Tesis IAIN Yogyakarta Tidak Diterbitkan, 1990.
Fajar, Abdullah, Peradaban dan Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers. 1991.
Himsyah, Unun Zumairoh ars, Studi Kitab Ta'lim Muta'alim, Malang: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2007.
Ihsan, Hamdani, A.Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia, 2007.
Laila, Siti Noer Farida, "Teori-Teori Pendidikan Dalam Islam: Telaah Perbandingan terhadap Karakter Pemikiran Pendidikan al Zarnuji dan Ibn Jama'ah," dalam Jurnal Dinamika Penelitian Vol.5, No.2, Oktober 2003.
Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, Jakarta: Pustaka al Husna, 1989.
Mas'ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik: Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Gama Media, 2002.
Masyhuri, Aziz, "Kitab Ta'limul Muta'alim Antara Tekstual, Kontekstual dan Faktual", dalam Majalah Nahdatul Ulama Aula No.09/TahunXVI/ September 1994.
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1998.
Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.
Pimay, Awaluddin, Konsep Pendidik dalam Islam, Semarang: Tesis IAIN Walisongo tidak diterbitkan, 1999.
Suprihatin, Pemikiran Pendidikan Syekh Al Zarnuji: Studi Tentang Kedudukan dan Hubungan Antara Guru dan Murid dalam Kitab Ta'lim Muta'alim, Malang: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2004.
Sya'roni, Model Relasi Ideal Guru & Murid: Telaah atas Pemikiran al-Zarnuji dan KH Hasyim Asyari, Yogyakarta: Teras, 2007.
Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.
Zuharini, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Downloads

How to Cite

Fathurrahman, M. (2015). Konsep Pendidikan Islam Al-Zarnuji (Telaah Kitab Ta’lim Al-Muta’allim). Tafhim Al-’Ilmi, 7(1), 109–129. https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2721