Implementasi Otak Kanan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Authors

  • Maida Maida STIT AQIDAH USYMUNI

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v8i1.2902

Abstract

Saat ini dapat disaksikan bersama bahwa otak kanan memiliki porsi yang tidak terlalu diperhatikan perannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Otak kanan yang memiliki orientasi berfikir kreatif, imajenatif dan lain-lain, tidak terlalu banyak difungsikan sebagai strategi pembelajaran. Padahal, kedua belahan otak ini (otak kiri dan otak kanan) akan lebih berarti kalau mampu dioptimalkan secara bersamaan tanpa harus ada yang dilumpuhknan. Adapun urgensi otak kanan dalam  meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai  berikut: 1) dengan pola pikir otak  kanan  murid tidak akan selalu bertemu dengan  suasana kelas yang monoton. Karena otak kanan adalah otak yang unggul dalam kreatifitas, maka dapat di pastikan dengan pola pikir otak kanan akan selalu ada beberapa ide yang muncul untuk menciptakan sesuatu yang baru. 2) dengan pola pikir otak kanan peserta didik tidak  hanya di hantarkan kepada pengetahuan saja. Karena orientasi pola pikir otak kanan kepada domain afektif. Perubahan sikap dan perilaku kepada sesuatu yang lebih baik. Di dalam beberapa buku, penulis menemukan bahwa music (baca: pola pikir otak kanan) bisa mengontrol emosi. Otak kanan  memiliki  fungsi membangkitkan spiritual. Adapun implementasi otak kanan dalam peningkatan kualitas pembelajaran adalah sebagai berikut: 1) cerita. 2) melukis angka dan 3) parodil agu.

Author Biography

Maida Maida, STIT AQIDAH USYMUNI

Published

2017-05-12

How to Cite

Maida, M. (2017). Implementasi Otak Kanan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tafhim Al-’Ilmi, 8(1). https://doi.org/10.37459/tafhim.v8i1.2902