Implementasi Metode Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6836Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Think Pair Share(TPS) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII MTs Miftahul Ulum Ulun, dan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode Think Pair Share pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII MTs Miftahul ulum Ulun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pre test dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS Miftahul Ulum Ulun Jarin Pademawu tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 31 siswa, terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: dalam penerapan metode think pair shareterdapat peningkatan hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Dimana nilai rata-rata hasil belajar pra penelitian sebesar 69 dan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 72 Adapun pada siklus II meningkat lagi dengan nilai rata-rata 82 dan pada siklus III menjadi 85..Kata kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar SiswaDownloads
Published
2024-09-14
How to Cite
Munawwarah, M. (2024). Implementasi Metode Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah. Tafhim Al-’Ilmi, 15(01), 19–34. https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6836
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.