Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Lorong Cangka SMK Negeri 1 Kalianget Tahun Pelajaran 2023-2024
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6977Abstract
Pusat informasi Konseling Remaja (PIK-R) merupakan suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga. Fokus pada kegiatan yang di ada di PIK-R selalu berorientasi pada menyelesaian masalah remaja dan juga kegiatan PIK-R selalu bermitra dengan Guru Bk untuk perkembangan remaja dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai yaitu memiliki pemahaman tentang gejala-gejela remaja pada perkembangan milenial pada saat ini. Kegiatan PIK-R lebih bervariatif dan menyenangkan bagi peserta didik.Kegiatan PIK-R akan mendorong program bimbingan konseling di sekolah dengan hasil yang positif dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta akan meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan minat konseling siswa serta menemukan solusi terhadap permasalahan peserta didik dalam hal menyikapi perkembangan dirinya sendiri. Remaja perlu memiliki kecakapan hidup (life skills) sebagai tameng untuk tetap dapat berdiri di tengah persaingan yang semakin ketat. Pendidikan life skills mencakup pendidikan kecakapan mengenal diri (self awareness), kecakapan berpikir rasional (thingking skills), kecakapan sosial (social skills), kecakapan akademik (academic skills), dan kecakapan vokasional (vocasional skills). Kata kunci: PIK-R, remaja, bimbingan konselingDownloads
Published
2024-09-14
How to Cite
Musthafa, M. (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Lorong Cangka SMK Negeri 1 Kalianget Tahun Pelajaran 2023-2024. Tafhim Al-’Ilmi, 15(01), 99–112. https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6977
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.