Penguatan Karakter Ramah Lingkungan Melalui Madrasah Berbasis Adiwiyata di MTsN 7 Kediri

Authors

  • Moch. Mukhlison Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i02.7170

Abstract

Kerusakan lingkungan terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Bencana ekologis seperti gunung meletus, tsunami, banjir, longsor, gempa bumi, cuaca ekstrim, kebakaran hutan dan krisis iklim sering terjadi di Indonesia. Permasalahan dan solusi tersebut harus dikenalkan pada peserta didik sejak dini melalui Madrasah berbasis Adiwiyata. Tujuan Artikel ini dimaksudkan untuk menganalisis; 1) Penguatan karakter ramah lingkungan melalui madrasah berbasis adiwiyatadi MTsN 7 Kediri; dan 2) faktor pendukung dan penghambat program madrasah berbasis adiwiyata di MTsN 7 Kediri. Penelitian ini bersifat kualitatif berdasarkan data yang diperoleh dari MTsN 7 Kediri. Informan atau partisipan utama kepala madrasah, tim adiwiyata, pendidik dan peserta didik MTsN 7 Kediri. Prosedur pelaksanaan penelitian dengan tahapan data dikumpulkan, data direduksi, data disajikan, dan data dianalisis. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tiga tahap dalam menganalisis data, yaitu tahap restorasi, deskripsi, dan interpretasi data. Penelitian ini menghasilkan; Pertama; Penguatan karakter ramah lingkungan melalui madrasah berbasis adiwiyata di MTsN 7 Kediri mangikuti peraturan UU No 20 Tahun 2013, yaitu; (1) Kebijakan Madrasah Berbasis Adiwiyata; (2) Integrasi kurikulum madrasah adiwiyata; (3) Kegiatan madrasah adiwiyata; dan (4) Sarana Prasarana madrasah berbasis adiwiyata. Kedua, Faktor pendukung madrasah adiwiyata; Kebijakan yang kuat dari Madrasah dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi madrasah, pengembangan kurikulum yang selalu dievaluasi dengan tujuan untuk meningkatkan mutu, banyak karya lahir dari madrasah adiwiyata, serta pengaplikasian dana dari dalam dan luar. Sedangkan Faktor Penghambat kurangnya lahan madrasah, pendidik baru yang kurang paham dengan madrasah adiwiyata, dan kurangnya kesadaran peserta didik dalam melaksanakan aturan dan program madrasah adiwiyata. Kata kunci: Karakter Ramah Lingkungan, Madrasah Adiwiyata

Downloads

Published

2024-02-24

How to Cite

Mukhlison, M. (2024). Penguatan Karakter Ramah Lingkungan Melalui Madrasah Berbasis Adiwiyata di MTsN 7 Kediri. Tafhim Al-’Ilmi, 15(02), 174–187. https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i02.7170