Pendidikan Tasawuf dalam Kitab Al-Hikam Karya Syekh Ibnu Atha’illah As-Sakandari

Authors

  • Fitroh Qudsiyyah STAI Sufyan Tsauri Majenang
  • Sarno Hanipudin STAI Sufyan Tsauri Majenang
  • Sajidin Sajidin STAI Sufyan Tsauri Majenang

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i02.7466

Abstract

Penelitian tentang pendidikan tasawuf ini mengambil referensi utama yaitu kitab Al-Hikam karya Syekh Ibnu Atho’illah As-Sakandari. Penelitian ini merupakan library research yaitu meneliti dokumen berupa buku, koran, artikel, atau jurnal-jurnal lainnya untuk mengetahui kandungan yang bisa didapat dalam kitab tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan tasawuf dalam kitab Al-Hikam. Hasil penelitian menunjukan informasi bahwa pendidikan merupakan usaha membimbing dan membina serta bertanggung jawab untuk mengembangkan intelektual pribadi anak didik ke arah kedewasaan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan konsep pendidikan tasawuf dalam kitab Al-Hikam adalah usaha membersihkan diri dari sifat tercela dan menghiasinya dengan sifat terpuji, berjuang memerangi hawa nafsu sehingga jiwa tersebut bisa sampai kepada Allah SWT. Kata kunci: Pendidikan Tasawuf, Kitab Al-Hikam, Ibnu ‘Athaillah

Downloads

Published

2024-02-24

How to Cite

Qudsiyyah, F., Hanipudin, S., & Sajidin, S. (2024). Pendidikan Tasawuf dalam Kitab Al-Hikam Karya Syekh Ibnu Atha’illah As-Sakandari. Tafhim Al-’Ilmi, 15(02), 204–217. https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i02.7466