Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Organisasi PSHT Rayon Panggung Barat Magetan

  • Yusron Lutfi Khuluq STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi

Abstrak

Abstract: PSHT merupakan salah satu aliran Pencak Silat di Indonesia yang tidak hanya mengajarkan bela diri tetapi juga menjadi wadah bagi warga atau anggotanya untuk mengedepankan nilai pendidikan Islam seperti akidah, akhlak dan ibadah. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam pada organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Panggung Barat Magetan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian deskriptif kualitatif ini. Langkah-langkah reduksi data, penyajian, dan verifikasi digunakan untuk menganalisis data. Teknik triangulasi digunakan untuk memverifikasi keakuratan data. Subjek penelitian meliputi pelatih, ketua Rayon, dan siswa PSHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai persaudaraan, olah raga, pencak silat, seni, dan kerohanian merupakan lima unsur yang mengandung unsur nilai pendidikan Islam dalam kegiatan pencak silat PSHT Rayon Panggung Barat Magetan. Masing-masing nilai diimplementasikan dalam beberapa kegiatan seperti silaturahim, sambung persaudaraan,  jabat tangan, pertahanan diri, seni dalam variasi gerakan pencak silat, berwudhu, bukaan (pemagaran), doa sebelum dan sesudah latihan, serta tahlilan. Melalui kegiatan tersebut mampu merubah perilaku warga atau anggota dari segi ibadah, akhlak kepada Allah dan sesama manusia.

Keywords: Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Islam, PSHT

Abstract: PSHT is one of the pencak silat schools in Indonesia, which not only teaches self-defense but also becomes a forum for citizens or members to instill Islamic educational values, namely faith, morals, and worship. This research analyzes Islamic education's values in Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Panggung Barat Magetan. Observation, interviews, and documentation are used to collect data in this descriptive qualitative study. Data reduction, presentation, and verification were used to analyze the data. Triangulation is a method used to verify the accuracy of the data. Research subjects included coaches, Rayon heads, and PSHT students. The research results show that the values of brotherhood, sports, pencak silat, art, and spirituality are five elements that contain Islamic educational values in the pencak silat activities of PSHT Rayon Panggung Barat Magetan. Each value is implemented in several activities such as friendship, brotherhood, handshaking, self-defense, art in various pencak silat movements, ablution, opening (fencing), prayer before and after training, and tahlilan. Through these activities, modifying citizens' behaviors or members regarding worship and morals towards God and fellow humans is feasible.

Keywords: Implementation, Islamic Education Values, PSHT

Referensi

Alam, Lukis. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus.” Istawa : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (August 3, 2016): 101–19.

“Dokumen Pencak Silat PSHT Rayon Desa Panggung Barat Magetan,” n.d.

Harjianto. Wawancara Tujuan Pengajaran 5 Panca Dasar PSHT, September 1, 2022.

Imam Thohari. “Upaya Pendidikan Karakter Pada Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate Di Kecamatan Balong Ponorogo.” Diploma, IAIN Ponorogo, 2017. http://etheses.iainponorogo.ac.id/2146/.

Lubis, Johansyah. Pencak Silat: Panduan Praktis. Jakarta, Indonesia: RajaGrafindo Persada, 2004.

Majid, Abdul, Mufid, Suyoto, Tobroni, Moh. Nurhakim, and Fathur Rahman. Al-Islam. Malang: PusatDokumentasi dan Kajian Al-Islam-Kemuhammadiyahan UNM, 1991.

Mufarriq, Muchammad Ukulul. “Membentuk Karakter Pemuda Melalui Pencak Silat.” Khazanah Pendidikan Islam 3, no. 1 (February 16, 2021): 41–53. https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.10193.

Musrifah. “Pelaksanaan Pembinaan Mental Dan Implikasinya Terhadap Moral Remaja Perguruan Pencak Silat Budi Suci Mandiri SiJeruk Kendal.” IAIN Walisongo, 2007.

Utomo, Galih Dwi Cahyo. “Pencak Silat Setia Hati Terate Di Madiun Dari Awal Sampai Pada Masa Pendudukan Jepang.” AVATARA: E-Journal Pendidikan Sejarah 5, no. 1 (March 2017): 1595–98.

Diterbitkan
2024-09-16
Bagian
Articles