Penggunaan Media Grafis dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA SISWA KELAS I SD Islam Al Azhaar Tulungagung

  • Dyah Aris Susanti Stai Diponegoro Tulungagung

Abstract

Abstrak                                                        

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah penggunaan media grafis dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas I SD Islam Al Azhaar Tulungagung.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tidakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.

Hasil penelitian yaitu: Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IA SD Islam Al Azhaar Tulungagung dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Penggunaan media grafis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa merupakan suatu media yang sangat efektif dalam proses belajar mengajar karena media grafis ini dapat dipergunakan untuk meyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, dapat membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian siklus I yang dapat diketahui bahwa siswa yang tidak tuntas yaitu 8 siswa dengan presentase 36,37% dan siswa yang tuntas 14 siswa dengan persentase 63,63%, sehingga nilai rata-rata kelas masih mencapai 78,40. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus I secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 hanya sebesar 63,63% lebih kecil dari persentase yang dikehendaki yaitu sebesar 85 % sehingga perlu perbaikan pada siklus II. Pada siklus II dapat dilihat dan dijelaskan bahwa dengan penggunaan media grafis pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,77 dan ketuntasan belajar mencapai 90,90% atau 20 siswa suda tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus II secara klasikal siswa sudah tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebesar 90,90% lebih besar dari ketuntasan yang ditentukan yaitu sebesar 85%, sehingga penelitian sudah tuntas pada siklus II. Dari hasil pengamatan pada siklus II siswa sudah dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media grafis dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas 1 di SD Islam Al Azhar Tulungagung.

Kata kunci : media grafis, prestasi belajar IPA.

 

Published
2017-06-30