PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI MIN 14 BLITAR

  • Restu Bunda Sentani Bunda Sentani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung
  • Nur Cholis Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Peserta didik hanya mendengarkan penjelasan pendidik, menghafal materi dan kemudian disuruh mengerjakan tugas. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus maka peserta didik akan bosan mengikuti kegiatan pembelajaran IPA dan mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning tipe team games tournament dan juga mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel yaitu metode pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament dan hasil belajar IPA peserta didik. Sampel diambil dengan teknik random. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu melakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, pengujian hipotesisnya menggunakan uji-t. pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan anatara metode pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament terhadap hasil belajar IPA dengan hasil uji-t diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament terhadap hasil belajar IPA.

Published
2018-12-31