BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

  • Dyah Aris Susanti STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

Abstrak:

Kemandirian merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan dan merasakan sesuatu agar dapat mengatasi masalah, mengerjakan tugas, melakukan kemampuan fisik, dan mengambil keputusan dengan tanpa bergantung pada orang lain. Maka kemandirian sangat penting dimiliki oleh setiap anak sebab jika anak memiliki sikap mandiri bisa membantu anak untuk menyelesaikan tugas-tugasnya secara mandiri.

Kemandirian harus mulai diperkenalkan kepada anak sedini mungkin. Dengan menanamkan kemandirian kepada anak akan menghindarkan mereka dari sifat ketergantungan kepada orang lain, dan yang terpenting dalam menumbuhkan keberanian anak dilakukan dengan memberikan motivasi pada anak untuk terus mengetahui pengetahuan-pengetahuan baru melalui pengawasan orang tua.

Perilaku mandiri juga dapat membangun rasa tanggung jawab yang tinggi pada anak. Dalam melatih kemandirian anak, orang tua harus ekstra sabar sebab memang tidak mudah mengajarkan anak-anak untuk berperilaku mandiri. Selain itu, melatih anak mengerjakan sesuatu terkadang membutuhkan proses yang berulang kali sampai pada akhirnya sang anak terbiasa untuk melakukannya.

Kata kunci : Bimbingan Orang Tua, Kemandirian

Published
2020-06-30