PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Adhis Ubaidillah STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa dalam pendidikan di Madrasah, mempelajari Bahasa Inggris sangat penting, karena merupakan landasan untuk mempelajari ilmu pengetahuan, Penelitiannya menggunakan Pola penelitian deskriptif dan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian,  Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris MI dapat dilaksanakan dengan baik, dan seorang guru harus dituntut lebih aktif untuk menumbuhkan semangat belajar siswa karena problematika dalam pembelajaran yang diakibatkan dari karakteristik bahasa Inggris itu sendiri sebagai bahasa asing bagi anak Indonesia. Dalam pelaksanaan pembelajaran ada yang disebut dengan problematika atau permasalahan yang dihadapi oleh guru: problematika linguistik yang dihadapi siswa dalam proses belajar yang diakibatkan oleh karakteristik Bahasa Inggris itu sendiri sebagai Bahasa Asing bagi anak-anak Indonesia. Sehingga seorang guru harus dituntut lebih aktif untuk menumbuhkan semangat dan minat anak dalam belajar. Maka dari itu sebagai guru harus terampil dalam memilih strategi untuk dapat memecahkan setiap permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran. Guru juga harus memberikan motivasi agar minat siswa tumbuh dalam mengikuti proses pembelajaran dengan aktif dan maksimal. Dengan adanya keterbatasan sarana dan prasarana seorang guru harus bisa mengatur strategi pengajar supaya proses belajar mengajar dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran.

 

Kata Kunci, Pembelajaran, Bahasa Inggris

 

Published
2022-06-30