PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami masalah belajar akan mengalami hambatan dalam mencapai prestasi belajarnya, sehingga prestasi belajar yang dicapai cenderung lebih rendah apabila dibandingkan dengan prestasi belajar siswa lain. Peran seorang guru sangat penting dalam mengatasi masalah belajar siswa agar siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Ketidakberhasilan mengajar disekolah berakibat buruk terhadap hasil prestasi siswa. Untuk itu cara yang tepat dilakukan seorang guru adalah dengan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa secara maksimal. Oleh karena itu untuk mendukung pencapaiannya perlu diadakan bimbingan belajar secara efektif oleh guru. Pelaksanaan bimbingan yang kontinu dan berkesinambungan akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah, Penelitiannya menggunakan pola penelitian kuantitatif. Hasil Penelitian, Prestasi belajar Bahasa Inggris siswa meningkat secara signifikan setelah mengikuti bimbingan belajar kelompok, hal tersebut terbukti dengan adanya hasil pengujian dari analisis Uji t, dimana pada analisis tersebut nilai thitung > ttabel sebesar 5.072 > 2.048. Bimbingan belajar kelompok berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi belajar Bahasa Inggris.
Kata Kunci, Bimbingan Belajar, Kelompok, Prestasi, Bahasa Inggris