EFEKTIFITAS PERMAINAN TEBAK KATA TERHADAP PENGUASAAN PELAJARAN UNGGAH UNGGUH BAHASA JAWA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan tebak kata terhadap penguasaan pelajaran unggah ungguh Bahasa Jawa kelas V di MIS Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung dan kontribusi penerapan permainan tebak kata terhadap proses pembelajaran unggah ungguh Bahasa Jawa. Pendekatan penelitian menggunakan mixed method (metode gabungan: kualitatif- kuantitatif) adalah metode dengan menggunakan gabungan pada prosedur penelitian, dimana salah satu metode lebih dominan terhadap metode yang lain. Metode yang kurang dominan hanya diposisikan sebagai metode pelengkap sebagai data tambahan. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan sebagai metode pelengkapnya adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif adalah dengan observasi dan wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif adalah dengan angket, yaitu menganalisis data dengan menggunakan rumus Mean (rata-rata) dan terakhir di rumuskan dengan menggunakan kategori efektiftas. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa permainan tebak kata terhadap penguasaan pelajaran unggah ungguh Bahasa Jawa kelas V di MIS Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung adalah efektif. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa penerapan permainan tebak kata berkontribusi terhadap proses pembelajaran unggah ungguh Bahasa Jawa yaitu dapat meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan keterampilan kognitif dan non-kognitif siswa, membantu meningkatkan efisiensi pembelajaran, serta memiliki potensi untuk mengubah paradigma pembelajaran.
Kata Kunci : Efektivitas, Permainan Tebak Kata, Unggah Ungguh Bahasa Jawa