KENDALA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Matematika bukan hanya mata pelajaran, tetapi juga alat penting untuk mengembangkan keterampilan berpikir logis dan analitis, serta kemampuan pemecahan masalah yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pada kenyataannya banyak ditemui kendala dalam proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri Bendosari I yang dapat mempengaruhi pemahaman dan minat siswa terhadap mata pelajaran ini. Melalui pemahaman yang lebih mendalam terhadap kendala ini, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika di sekolah dasar. Dengan demikian, upaya-upaya untuk mengatasi kendala dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dapat diarahkan dengan lebih terfokus dan terarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yaitu pengambilan data dengan wawancara dan observasi. Hasil yang di capai dalam peneltian ini adalah mengidentifikasi adanya kendala dalam pembelajaran matematika baik berasal dari guru maupun siswa, sebagai berikut: Guru Jarang menggunakan alat atau media pembelajaran, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, siswa kesulitan dalam berhitung, siswa kurang memahami bahasa matematika, siswa kesulitan dalam persepsi visual maupun persepsi auditori, siswa kurang memiliki minat dan motivasi dalam pembelajaran matematika.