Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sosial di Madrasah Ibtidaiyah

  • Syifaun Nadhiroh, Dyah Aris Susanti, Imam Mubarok STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD) semakin relevan pada era pendidikan modern yang menuntut pembelajaran bermakna dan terhubung dengan realitas sosial siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami konsep sosial yang bersifat abstrak ketika pembelajaran masih berorientasi pada metode ceramah. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa CTL dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan mempermudah internalisasi konsep melalui pengalaman nyata, tetapi implementasinya pada konteks pendidikan dasar, terutama materi sosial, belum dijelaskan secara rinci pada situasi pembelajaran lokal. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi CTL secara sistematis serta menganalisis dampaknya terhadap pemahaman materi sosial siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran, wawancara guru dan siswa, dokumentasi aktivitas belajar, serta tes pemahaman konsep. Subjek penelitian meliputi 32 siswa kelas V MI. Prosedur penelitian mengadaptasi model analisis interaktif Miles &Huberman  yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Temuan menunjukkan bahwa CTL meningkatkan kemampuan siswa menghubungkan konsep IPS dengan peristiwa sosial di lingkungan mereka, memperkuat kemampuan berpikir kontekstual, serta meningkatkan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Komponen CTL seperti questioning, learning community, dan authentic assessment terbukti sangat berpengaruh dalam mengembangkan pemahaman sosial. Penelitian ini menghadirkan kebaruan berupa deskripsi komprehensif implementasi CTL berbasis konteks lokal MI yang belum banyak dijelaskan pada penelitian sebelumnya. Hasil riset menegaskan bahwa CTL efektif sebagai alternatif pendekatan pembelajaran IPS yang berorientasi pada pengalaman, relevansi sosial, dan penguatan literasi sosial peserta didik.

Kata Kunci: Implementasi, Contextual Teaching & Learning (CTL), Materi Sosial, Madrasah Ibtidaiyah

Published
2025-11-16