PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI UMAT MELALUI UNIT USAHA PONDOK PESANTREN BAHRUL MAGHFIROH MALANG DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Bambang Septiawan Universitas Islam Balitar Blitar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengembangan ekonomi umat melalui unit usaha yang dimiliki Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Kota Malang. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui strategi penerapan pengelolaan unit usaha dimasa pandemic COVID-19. Tinjauan pustaka yang digunakan mengacu pada konsep-konsep kewirausahaan modern yang terintegrasi dengan pesantren. Metode yang digunakan untuk menganalisis data denga menggunakan model Cresswell, karena akan lebih mudah untuk mencari dan mengekompokkan hasil penelitian yang berhubungan dengan tema dan sub tema pengembangan unit usaha. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah 2 filosofi (alasan utama) dibentuknya unit usaha yang ada di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang, yaitu sebagai pendidikan santri untuk mandiri dan sebagai alat untuk menunjang kesejahteraan pesantren (santri). Kedua, Pemilihan jenis usaha yang telah ada karena adanya peluang dan potensi dari Pondok pesantren Bahrul Maghfiroh Malang yang bisa dikembangkan untuk pondok pesantren Bahrul Maghfiroh Malang. Ketiga, Memaksimalkan digital marketing dan pemsaran langsung adalah strategi untuk mengatisipasi melemahnya perekonomian pada saat pandemi di Pondok Pesantren Bahrul Maghfrioh Malang. Terakhir, Hasil unit usaha pada pondok pesantren Bahrul Maghfiroh yaitu terwujudnya visi misi dari Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang yaitu menjadi pondok yang memiliki fasilitas bagus dengan biaya yang murah.
Kata kunci: Unit Usaha Pesantren, Ekonomi Umat, Pendidikan Kewirausahaan Santri

 

Diterbitkan
2021-09-04
Bagian
Articles