Peningkatan Kemampuan SAINS melalui Kegiatan Pencampuran Warna pada Anak Usia 5-6 Tahun

  • Susdarwati STAI Nahdlatul Ulama' Madiun
Keywords: Kemampuan Sains, Kegiatan Pencampuran Warna

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains melalui kegiatan pencampuran warna pada anak usia dini usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan guru kelas dalam pelaksanaan penelitian subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Aisyah Kuniran Ngawi yang terdiri dari 6 anak laki- laki dan 9 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan sains melalui kegiatan pencampuran warna pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Aisyah Kuniran Ngawi. Kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembangn Sangat Baik (BSB) pada kondisi pra siklus mencapai 13%, siklus I meningkat menjadi 46% dan siklus II mencapai 74%. Aspek kemampuan sains yang mengalami peningkatan meliputi kemampuan mengamati (observasi), kemampuan mengelompokkan (klasifikasi), kemampuan memprediksi, dan kemampuan mengkomunikasikan hasil percobaan.

Published
2024-05-11
Section
Articles