Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta'līm Al-Muta'allim dan Relevansinya Terhadap Kurikulum Merdeka

  • Nur Fadly Hermawan STAI Nahdlatul Ulama' Madiun
  • Konik Naimah STAI Nahdlatul Ulama' Madiun
Keywords: Pendidikan Akhlak, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ta‘līm al-Muta‘allim karya Burhānuddīn Az-Zarnūjī dan relevansinya terhadap Kurikulum Merdeka, sebagai upaya menjembatani antara warisan pemikiran klasik Islam dan kebutuhan pendidikan kontemporer. Menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis kajian pustaka (library research), penulis menganalisis isi kitab secara tematik dengan mengaitkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Hasil kajian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip seperti niat yang ikhlas, adab terhadap guru, kedisiplinan, dan kejujuran dalam belajar sangat sesuai untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran berbasis proyek, budaya sekolah, kurikulum lokal, dan strategi penguatan karakter di sekolah/madrasah berbasis Islam.

Published
2024-11-25
Section
Articles