Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Berbasis KMA 3211

  • Nur Fitriani STAI Nahdlatul Ulama' Madiun
Keywords: Pendekatan Humanistik, Keterampilan Berbicara, KMA 3211, Mix Method

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka berdampak pada munculnya instrumen penting untuk mengatur capaian pembelajaran Bahasa Arab dalam keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211. Dalam KMA 3211 diantara tujuan pembelajarannya adalah kemampuan meggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi global. Komunikasi berdasar pada salah satu keterampilan berbahasa, yaitu Maharotul Kalam atau keterampilan berbicara. Kurikulum merdeka memiliki kesamaan dengan Pendekatan Humanistik yaitu sama-sama memprioritaskan proses belajar siswa dibandingkan ketuntasan, memfokuskan kelas untuk lebih interaktif dan menghargai pengalaman siswa untuk mengembangkan kompetensi. Berdasarkan uraian tersebut, maka Fokus Riset adalah pada implementasi pendekatan humanistik pada keterampilan berbicara bahasa Arab berbasis KMA 3211 dan bagaimana efektivitas pendekatan belajar humanistik untuk keterampilan berbicara bahasa Arab berbasis KMA 3211. Adapun tujuan penelitian ini: 1. Mengetahui Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Berbasis KMA 3211 siswa kelas VIA MI Al Hikam Madiun dan 2. Mengetahui Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Humanistik dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Berbasis KMA 3211 pada siswa kelas VIA MI Al Hikam Madiun.Pendekatan penelitian menggunakan metode mixed methods yaitu mengkombinasikan antara  kualitatif dengan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain Exploratory sequantial dimulai dari penelitian dan analisis data kualitatif dan diperkuat dengan data kuantitatif. Siswa kelas VIA MI Al Hikam Madiun berjumlah 22 orang adalah sampel dalam penelitian ini. Teknik dan istrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan kuesioner. Analisis data kualitatif menggunakan teknik Model Miles and Huberman sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan uji validasi, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Dugaan sementara (Hipotesis) penelitian ini adalah penerapan pendekatan humanistik efektif dalam menunjang keterampilan berbicara bahasa Arab berbasis KMA 3211 dengan hasil hipotesis diperoleh thitung > ttabel sehingga Ha diterima.

Published
2025-02-15
Section
Articles