KONSEP TEORI BEHAVIORAL (Al-Nazariyah Al-Sulukiyyah) (Teori, Konsep dan Praktek Pemerolehan Bahasa)

  • KUSWOYO Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdhatul Ulama' Madiun
  • WIRANTO Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdhatul Ulama' (STAINU) Madiun
  • ABDIKA ARIF Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdhatul Ulama' (STAINU) Madiun

Abstrak

Bahasa merupakan salah satu pelajaran yang menjadi kebutuhan dalam Kegiatan Pembelajaran di Indonesia dan juga di beberapa negara yang lain. Selain berkaitan dengan Pembelajaran Bahasa sebagai Komunikasi. Termasuk pembahasan yang tidak kalah penting adalah tentang bagaimana Bahasa itu diperoleh. Salah satunya adalah teori behavioral yang digagas oleh Bloomfield. Teori ini merupakan bentuk kritik Bloomfiled kepada persoalan-persoalan semantik yang Ketika itu banyak bermunculan. Dalam gagasan beliau mengatakan bahwa pada dasarnya Bahasa merupakan tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu beliau melakukan pengujian dalam studi makna Bahasa dengan pendekatan Behavioral. Dalam kajian makna Bahasa khususnya teori behavioral tentunya Bloomfield juga mendapatkan beberapa kritikan dan masukan dari pakar Bahasa lainnya. Kritikan tersebut bukan kritikan yang negative akan tetapi lebih bersifat pembanding antara teori pemerolehan Bahasa yang lain.

Diterbitkan
2022-01-16
Bagian
Articles