MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI SENI MELIPAT KERTAS (ORIGAMI) DI KELOMPOK A RA TUNAS HARAPAN SUKOLILO JIWAN MADIUN
Abstrak
Abstrak :
Pembelajaran di Taman Kanak-kanak/Raudlatul Athfal tidak bisa hanya menekankan pada peningkatan kemampuan akademis saja. Namun seyogyanya pembelajaran di Taman Kanak-kanak harus menerapkan belajar sambil bermain, karena setiap anak memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif dan produktif, oleh karena itu diperlukan suatu program pendidikan yang mampu membuka kapasitas tersembunyi tersebut melalui pembelajaran bermakna dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya, implikasi dan hambatan yang ditemui dalam pengembangan seni melipat kertas (Origami) di kelompok A RA Tunas Harapan Sukolilo Jiwan Madiun. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Adapun instrument yang digunakan oleh penelitian adalah wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan pembahasan analisis yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa melipat kertas dapat mengembangkan kreativitas anak pada anak di RA Tunas Harapan Sukolilo Jiwan Madiun. Hal ini dapat ditunjukkan dari adanya perkembangan kreativitas anak dari sebelum tindakan sampai observasi II yaitu sebelum tindakan 5% Observasi I 30% Observasi II 85%..Maka implikasi yang timbul dalam penelitian ini dalam setiap tindakan perlu perencanaan perubahan yang dicapai pada setiap siklus selalu diperhatikan untuk merencanakan tindakan-tindakan berikutnya terutamanya pada setiap tindakan yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Adapun hambatan yang ditemui di lapangan adalah guru kurang mempersiapkan media pembelajaran sehingga saat pembelajaran berlangsung mengalami kekurangan kertas, peserta didik kurang minat untuk melakukan kegiatan melipat kertas (Origami), orang tua yang kurang mendukung anak akan menghambat untuk mengembangkan kreativitasnya baik itu dalam seni melipat kertas (Origami) ataupun yang lainnya.