Kepemimpinan yang efektif: gaya, aktivitas, dan keterampilan di sekolah

  • Miftahul Huda Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun
  • Afrizal Priyo Adi Institut Agama Islam Negeri Kediri

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kepemimpinan yang efektif, dan (2) Gaya, aktivitas dan keterampilan kepemimpinan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan denan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, yaitu dengan pengecekan terhadap informasi hasil wawancara dengan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mencapai Kepemimpinan yang efektif, seorang pemimpin di sekolah perlu memiliki keterampilan konseptual, keterampilan manusiawi, dan keterampilan teknik. sedangkan dampak positif yang signifikan dari gaya kepemimpinan transformasional yang ditunjukkan oleh kepala sekolah memberikan motivasi inspiratif dan stimulasi intelektual kepada bawahannya. kepemimpinan terhadap kinerja guru memberikan pengaruh kuat bagi kemajuan organisasi. Ada tiga macam aktivitas yang harus dilakukan seorang pemimpin, termasuk kepala sekolah, yaitu interpersonal, informational dan decisional roles. Untuk memiliki keterampilan konseptual, keterampilan manusiawi, dan keterampilan teknik, seorang pemimpin secara sadar untuk terbuka bersedia: 1) Senantiasa belajar dari pekerjaan sehari-hari terutama dari cara kerja guru dan tenaga pendidikan lainnya; 2) Melakukan observasi kegiatan manajemen secara terencana; 3) Membaca berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan yang sedang dilaksanakan; 4) Memanfaatkan hasil-hasil penelitian orang lain;   5) Berfikir untuk masa yang akan datang; dan  6) Merumuskan ide-ide yang dapat diujicobakan.   

Kata kunci: kepemimpinan, gaya, aktivitas dan keterampilan.

Diterbitkan
2023-06-22
Bagian
Articles