Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Al Qomariyah Sareng Geger Madiun)

  • Heri Prianto STAI Nahdlatul Ulama' Madiun

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika pada anak usia dini di RA Al Qomariyah Sareng, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian meliputi metode pembelajaran yang digunakan, media pembelajaran, serta respon anak terhadap kegiatan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di RA Al Qomariyah dilaksanakan melalui pendekatan tematik dan kontekstual dengan metode bermain sambil belajar, demonstrasi, bercerita, dan tanya jawab. Media yang digunakan bersifat konkret dan variatif, seperti balok angka, kartu bentuk, lagu berhitung, serta benda-benda sekitar. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti kegiatan, meskipun terdapat perbedaan tingkat pemahaman antar individu. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika telah disesuaikan dengan karakteristik anak usia dini, namun tetap diperlukan peningkatan dalam pengembangan media dan pelatihan guru.

Diterbitkan
2025-03-17
Bagian
Articles